Aturan Baru, Seluruh PNPB Mengalami Kenaikan

Kepala UPT Bapenda Palembang II, Herryandi Sinulingga. (foto : ist)

PALEMBANG, Kabar28.com,- Terhitung mulai 6 Januari 2017 terdapat kenaikan tarif untuk sejumlah biaya pengurusan administrasi kendaraan seperti BPKB, STNK dan TNKB.

Kepala UPT Bapenda Palembang II, Herryandi Sinulingga mengatakan, kebijakan tersebut berlaku secara nasional mulai 6 Januari. Pihaknya sudah mensosialisasikan kepada masyarakat dengan menyebar pengumuman, baik di counter layanan UPTB seluruh Sumsel termasuk media online dan media cetak lainya.

‘’Pemberlakuan regulasi ini sejalan dengan ditandatanganinya Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai pembaruan dari PP Nomor 50 Tahun 2010 yang berlaku sebelumnya,’’ ujarnya.

Sementara itu, Kasi STNK Ditlantas Polda Sumsel, Kompol Irwan Andeta menerangkan, menurut PP baru ini jenis PNBP yang berlaku pada Sistem Manunggal Satu Atap (Samsat) se Indonesia diantaranya meliputi penerimaan dari pengujian untuk penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru, perpanjangan SIM C, Surat Keterangan Uji Keterampilan Pengemudi, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) Bermotor, STNK, STCK, TNKB, BPKB, surat Mutasi Kendaraan Bermotor ke Luar Daerah, STNK Lintas Batas Negara, TNKB Lintas Batas Negara dan Penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan.

‘’Dengan adanya aturan baru tersebut, tentunya terdapat sejumlah kenaikan harga dibandingkan dengan aturan yang berlaku sebelumnya,’’ bebernya. (app/rel)

Baca Lainnya

close