Lokasi SDN I Lubuk Ngin Jadi Tempat Sampah

Lokasi SDN 1 Lubuk Ngin. (foto : ist)

Musi Rawas, Kabar28.com,- Lokasi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Desa Lubuk Ngin, Kecamatan Selangit, Kabupaten Musi Rawas menjadi tempat pembuangan sampah (TPS), karena hampir seluruh pagar halaman SDN 1 Lubuk Ngin tertumpuk sampah yang berasal dari masyarakat.

Salah satu warga setempat, Boby (42) menjelaskan, kebiasaan warga membuang sampah di lokasi yang dekat sekolah tersebut sudah berlangsung lama. Mayoritas, sampah-sampah tersebut berasal dari warga sekitar.

“Sebab lokasi SDN itu berada di samping desa atau dekat pemukiman warga. Apalagi, lokasi juga sepi, jadi warga kerap membuang sampah kesana,” jelasnya.

Ia berharap, sekolah yang merupakan tempat belajar mengajar, semestinya harus bersih dan tidak menimbulkan bauk tidak sedap, sebab selain mengajarkan anak tentang kebersihan, juga membuat nyaman anak-anak saat sedang mengikuti pelajaran.

“Entah apa sebabnya SDN 1 Desa Lubuk Ngin itu menjadi tempat pembuangan sampah. Mungkin, karena sudah terbiasa membuang kesana,” kata dia.

Sementara itu, salah satu murid SDN 1 Desa Lubuk Ngin mengaku, tidak nyaman karena ada tumpukan sampah di sekitar sekolah, karena baunya membuat tidak nyaman saat belajar.

“Kalau lagi belajar, kami sering mencium bauk tidak enak, apalagi kalau lagi hari panas, baunya begitu menyengat,” ungkapnya. (APP/BM)

Baca Lainnya

close