Agar tak Punah, Kenalkan Budaya Lokal pada Generasi Gadget

Foto bersama usai FGD.

PALEMBANG, Kabar28.com,- Meski teknologi maju pesat, budaya lokal jangan sampai punah dan tersingkir. Untuk itu harus dikenalkan kembali kepada generasi muda atau generasi gadget, sebab saat ini mereka tidak mengetahui lagi budaya ataupun permainan lokal.

"Atas dasar itulah kami berupaya mengangkat kembali budaya dan kearifan lokal dengan sebuah kegiatan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal dalam Forum Group Discussion (FGD), di Palembang, kemarin.

Menurutnya, FGD ialah wadah untuk meminta masukan tentang kearifan lokal mana yang masih bisa dipertahankan dan dilestarikan. Apalagi dengan adanya Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), dan Sumsel menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) VI.

"Jelang FORNAS VI kami akan membuat kegiatan permainan apa saja di Sumsel ini yang bisa dilestarikan dan pertahankan, selain itu kami juga akan merekrut atlet untuk mengikuti ajang  FORNAS berikutnya," ujar Aufa.

Lanjut Aufa, Juni nanti pihaknya juga akan menggelar Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) yang diikuti 17 kabupaten/kota se- Sumsel dengan enam cabang olahraga rekreasi. 

"Seperti egra, silat budaya, gasing, sepatu trompa besar, bakiak serta bolak-balik balok yang merupakan cabang olahraga dan akan dipertandingkan pada FORNAS VI nanti," pungkasnya. (*)

Baca Lainnya

close