Kemenparekraf Fasilitasi Pelaku Usaha di Sumsel Daftar HKI

Sosialisasi dan fasilitasi pendaftaran HKI.

PALEMBANG, Kabar28.com,- Sejumlah Pelaku usaha pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif ikuti sosialisasi serta fasilitasi pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI), yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Universitas Sebelas Maret (UNS), di Palembang, kemarin.

Direktur Pengembangan KI Industri Kreatif Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, Robinson H Sinaga mengatakan, sosialisasi dilaksanakan karena minimnya pendaftaran KI oleh pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Selain itu faktor penyebab lain ialah akibat keterbatasan pengetahuan dan mahalnya biaya, hari ini 100 peserta akan kami fasilitasi pendaftaran HKI secara gratis. Mereka tak perlu bertanya syaratnya apa, jika produknya memenuhi kriteria semuanya kami urus," katanya.

Lanjutnya, sosialisasi tersebut memfasilitasi pendaftaran merk dan hak cipta serta desain industri. Diharapkan meningkatkan pengetahuan tentang manfaat, atau pentingnya mendaftarkan hingga proses pendaftaran KI.

"Sosialisasi ini dilaksanakan di Kota Jayapura, Gorontalo, Palembang serta Surakarta. Tahun ini ditargetkan ada 398 permohonan pendaftaran KI, dan di Palembang ditargetkan 100 permohonan," harapnya.

Menurutnya, dengan terdaftarnya HKI pelaku usaha ekonomi kreatif akan mandapat banyak benefit. Seperti jaminan perlindungan hukum, selain itu saat ini pihaknya sedang menyusun regulasi yang sudah diajukan kepada Presiden.

"Regulasi tersebut akan dijadikan landasan agar nantinya mereka bisa mengajukan pinjaman modal ke bank, dengan jaminan Sertifikat HKI sehingga perkembangan usaha yang dimiliki lebih optimal," pungkasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal mengucapkan terimakasih Palembang dipilih menjadi lokasi sosialisasi. Sehingga pelaku usaha mendapat kesempatan difasilitasi pendaftaran HKI.

"Apalagi pelaku ekonomi kreatif di Sumsel banyak dan beragam, ke depan apa yang sudah dilakukan ini akan kami duplikasi agar sasarannya lebih luas menjangkau daerah lain di Sumsel," ucapnya. (*)

Baca Lainnya

close