Bupati OI Launching Pilkades Serentak

Bupati OI bersama Forkopimda melaunching pelaksanaan pilkades serentak.

INDRALAYA, Kabar28.com,- Bupati Ogan Ilir (OI), Panca Wijaya Akbar melaunching pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, di Gedung Serbaguna Caram Seguguk KPT Tanjung Senai, Indralaya, Kamis (12/5/2022).

Dikatakan Panca, pilkades serentak diikuti 173 dari 227 desa, Sabtu (15/10/2022). Selain launching, dalam kesempatan itu dirinya juga menyerahkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang pilkades dan simulasi pencoblosan surat suara.

"Secara teknis sudah dikonsultasikan dan masih banyak urusan di bawahnya, karena penetapan dokumentasi pilkades dilaksanakan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD)," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) OI, Akhmad Lutfi menerangkan, setelah launching tersebut dirinya menginstruksikan BPD segera menyurati kepala desa yang masa jabatannya akan habis pada 6 bulan lagi.

"Setelah 10 hari pemberitahuan akhir masa jabatan kepala desa, BPD segera membentuk 7 orang panitia pilkades yang terdiri dari unsur perangkat desa dan tokoh masyarakat," terangnya.

Sambungnya, panitia pilkades harus sudah terbentuk paling lambat 25 Mei. Kemudian, nama-nama panitia pilkades disampaikan kepada bupati untuk ditetapkan oleh bupati. 

"Setelah itu pada Juni nanti, agenda berikutnya ialah pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) untuk seluruh panitia pilkades," bebernya.

Dirinya mengimbau BPD bersikap netral dengan tidak memihak kepada calon tertentu, kemudian memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada semua pihak agar tidak terjadi multitafsir dalam pelaksanaan pilkades.

"Guna menyukseskan pelaksanaan pilkades serentak tahun ini, kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti TNI, POLRI, awak media dan seluruh stakeholder," tutupnya.

Hadir dalam launching tersebut perwakilan Pemerintah Provinsi Sumsel, Wakil Bupati OI, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Sekretaris Daerah, Muhsin Abdullah. (*)

Baca Lainnya

close