Antisipasi Hepatitis, Dinkes OI Minta Masyarakat Disiplin Prokes

Ilustrasi.

INDRALAYA, Kabar28.com,- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Ilir (OI), terus mengingatkan masyarakat agar senantiasa disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Kepala Dinkes OI, Hendra Kudeta mengatakan, hal itu sebagai wujud antisipasi penyebaran penyakit hepatitis akut misterius yang mengintai anak-anak.

"Meski saat ini belum ada kasus namun kami meminta agar masyarakat selalu disiplin menerapkan prokes dalam segala aktivitas terutama memakai masker dan menghindari kerumunan," katanya, Minggu (8/5/2022).

Seperti diketahui, menurut kriteria Kementerian Kesehatan dan World Health Organization (WHO) penyakit yang menyerang anak-anak tersebut antara lain ada gejala penyakit kuning.

"Berusia di bawah 10 tahun dan tidak ada penyebab lain, gejala yang muncul adalah demam, diare, urine berwarna lebih pekat dan feses berwarna pucat," ujarnya.

Lanjutnya, sesuai edaran Dinkes Provinsi Sumsel fasilitas kesehatan pertama harus memantau penyakit tersebut, serta meningkatkan kegiatan terkait Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR).

"Masyarakat tak perlu panik menghadapi penyakit ini, namun kami tetap mengimbau agar selalu meningkatkan kewaspadaan," imbaunya. (*)

Baca Lainnya

close