Camping Titik Nol Ibu Kota Baru, Ini Beberapa Bocoran Aktivitas Jokowi

Ilustrasi . Prosesi Penyatuan Tanah dan Air Nusantara, di Titik Nol IKN (Foto: Istimewa)

Palembang, Kabar28.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi akan berkemah di lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN) pada malam ini, Senin (14/3/2022).

Selain Iriana, Jokowi juga akan didampingi oleh sejumlah menteri, kepala dan wakil kepala Otorita IKN dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Mereka akan bersama-sama bermalam di hutan bersama Jokowi.

Adapun deretan menteri yang akan menemani Jokowi adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahaladia, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Selain itu, ada pula Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Heru sekaligus memastikan bahwa pada malam nanti Jokowi dijadwalkan menggelar pertemuan di lokasi kemah bersama para menteri untuk mendiskusikan mengenai Ibu Kota Nusantara.

"Diskusi dengan menteri yang ada di IKN," kata Heru saat dikonfirmasi, Senin (14/3/2022).

Sementara itu, 28 gubernur yang sebelumnya hadir dalam prosesi ritual Kendi Nusantara dipastikan tidak akan ikut berkemah. Mereka dijadwalkan untuk pulang ke wilayahnya masing-masing.

Sebelumnya, Jokowi memang mengundang 34 gubernur se-Indonesia untuk ikut dalam ritual bernama Kendi Nusantara. Ini adalah ritual penyatuan tanah dan air dari seluruh wilayah ke dalam bejana.

Prosesi ini mengandung makna filosofis agar selalu mengingat asal muasal nenek moyang dan mempertahankan kearifan leluhur yang sudah ada.

Namun, hanya 28 gubernur yang bisa hadir. Keenam gubernur lainnya, kata Heru telah meminta izin Jokowi untuk tidak hadir dalam prosesi ritual Kendi Nusantara.

"Semua izin karena kesehatannya kurang fit," kata Heru saat dikonfirmasi.

Sumber: CNBC Indonesia

Baca Lainnya

close