Gunung Semeru Erupsi, Warga Diminta Evakuasi

Ilustrasi . Erupsi Gunung (Foto: Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com, Warga Kabupaten Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru mengungsi ke rumah ibadah dan kantor kepala desa setempat. Belum diketahui berapa jumlah warga terdampak bencana erupsi dan muntahan awan panas guguran tersebut.
Pantauan jurnalis CNN Indonesia TV Nurhadi Wicaksono di lokasi, warga mengungsi di beberapa titik sambil menunggu lokasi pengungsian resmi yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.


Beberapa desa di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, diketahui terdampak awan panas guguran Gunung Semeru. Saat ini dilaporkan situasi di sekitar Lumajang masih gelap gulita.


"Saat ini warga masih berada di beberapa titik, di antaranya di kantor desa kemudian tempat ibadah, sambil menunggu titik kumpul yang disiapkan Kabupaten Lumajang," demikian laporan CNN Indonesia TV, Sabtu (4/12).

"Masih gelap gulita dan beberapa titik masih padam listrik. Bahkan di pos pengamatan gunung api, hujan abu masih terjadi," lanjutnya.

Seorang warga sebelumnya melaporkan situasi di desa tersebut berubah gelap gulita sesaat setelah Semeru meletus pukul 15.00 WIB.

"Minta doanya, kami berada di desa Sumberwuluh, Candipuro, sekarang jam 15.00 WIB Gunung Semeru meletus, keadaan sekarang ini gelap gulita," kata seorang warga.

Dalam keadaan gelap, warga kemudian berbondong-bondong menyelamatkan diri ke balai desa dan masjid setempat.

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dilaporkan mengalami erupsi disertai awan panas guguran pada Sabtu (4/12) sekitar pukul 15.00 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jatim, Budi Santosa mengatakan hujan abu terjadi di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, serta Supiturang, Pronojiwo, Lumajang. Warga sekitar diminta untuk menyelamatkan diri.

"Terjadi peningkatan aktivitas Gunung berapi Semeru disertai awan panas guguran. Diimbau menjauhi daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru," kata Budi.

Ia memaparkan hujan abu juga terjadi di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, serta Supiturang, Pronojiwo, Lumajang. Warga diminta untuk menyelamatkan diri.

Selain itu Budi juga memperingatkan agar warga yang berada di sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru untuk mengevakuasi diri ke wilayah yang aman. Dilaporkan guguran material letusan Semeru dan awan panas menuju Curah Kobokan, Lumajang.

Sumber: cnnindonesia.com

Baca Lainnya

close