Akhir Tahun 2022 Bayar Tol Akan Nirsentuh, Ini Bedanya dengan Kartu E-toll

Ilustrasi . Jalan Tol (Foto: Istimewa)

Palembang, Kabar28.com, Bayar tol nirsentuh dinilai lebih efisien waktu, biaya dan tenaga

Sistem bayar tol nirsentuh atau Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh Berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) mulai berlaku tahun 2022 mendatang.

Dengan demikian, sistem pembayaran tol pun dipastikan akan bisa dilakukan tanpa kartu.

Beda dengan cara bayar tol pakai kartu

Berbeda dengan sistem pembayaran konvensional yang mengharuskan pengemudi membuka kaca kendaraan dan melakukan tapping kartu elektronik, sistem MLFF memungkinkan pengguna untuk tidak lagi berhenti di gerbang tol.

Nantinya, saldo uang elektronik yang ada pada aplikasi di ponsel akan langsung terpotong.

Sistem ini pun akan memangkas waktu transaksi manual dari 10 detik menjadi 4 detik.

Bukan cuma lebih efisien waktu, sistem ini juga digadang-gadang akan efisien biaya operasi dan meminimalisir bahan bakar kendaraan.

Bayar tol nirsentuh, hasil inovasi

Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memulai konstruksi transaksi tol menuju sistem MLFF.

Dikutip dari laman media sosialnya, sistem ini pun digadang-gadang akan mendorong peningkatan kualitas layanan jalan tol.

Sistem ini ditargetkan siap diterapkan pada akhir tahun 2022 pada 40 ruas tol di Pulau Jawa dan Bali,” tulis akun Instagram Kementerian PUPR, dikutip pada Jumat (26/11/2021).

Sistem MLFF ini merupakan inovasi berupa sistem pembayaran nontunai nirsentuh yang menciptakan efisiensi, efektivitas, keamanan, dan kenyamanan dalam melakukan transaksi pembayaran jalan tol di Indonesia.”

Sumber: ussfeed.com

Baca Lainnya

close