HGN dan HUT PGRI, Kakan Kemenag OKU Timur: Guru Harus Profesional, Disiplin dan Bertanggung Jawab

Upacara peringatan HGN dan HUT PGRI ke-76 di MAN 2 Palembang.

SUMATERA SELATAN, Kabar28.com,- Sebagai wujud penghormatan kepada guru di Indonesia, pemerintah menetapkan 25 November sebagai Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Seluruh lembaga pendidikan baik di bawah naungan Kementerian Pendidikan, maupun Kementerian Agama (Kemenag) menggelar upacara peringatan HGN dan HUT PGRI tersebut.

Termasuk di Sumatera Selatan seperti Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Lahat, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Muara Enim, MIN 4 Ogan Komering Ulu (OKU) Timur dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Palembang, Kamis (25/11/2021).

Dalam upacara di MIN 4 OKU Timur itu, dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag. Abdul Rosyid dan seluruh Kepala Madrasah se- OKU Timur.

Kakan Kemenag OKU Timur, Abdul Rosyid dalam amanatnya menyampaikan, guru harus mempunyai profesionalitas tinggi dan tanggung jawab serta penuh disiplin.

"Guru adalah contoh bagi peserta didiknya, yang kelak akan menjadi generasi penerus bangsa berkarakter islami, dan profesional serta mempunyai jiwa disiplin tinggi," ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala MAN 2 Palembang, Rusmala Dewi mengungkapkan, terkadang guru diibaratkan seperti gula, karena sering dilupakan bahkan disalahkan.

"Misalnya seperti gula dan kopi, apabila kopi tersebut pahit pasti yang dipertanyakan adalah gulanya, atau kurang gula tapi bukan kopinya yang disalahkan karena pahit," ungkapnya.

Menurutnya, hal seperti itulah juga berlaku kepada guru. Apabila seorang anak itu tidak berhasil pasti yang dipertanyakan bagaimana cara guru mendidiknya, padahal seorang guru sudah sepenuh hati dalam mendidik dan membina siswa-siswinya.

"Untuk itu, mari kita bersama-sama menghargai semua jasa-jasa guru kita, guru adalah orang tua kita di Madrasah yang berjasa untuk kesuksesan kalian, maka dari itu cintai dan hargailah guru kalian sebagai orang tua kedua bagi kalian,” pesannya kepada pelajar di MAN 2 Palembang. (rel)

Baca Lainnya

close