TP PKK Sumsel Promosikan Mandiri Pangan ke Manggarai Barat

TP PKK Sumsel berbincang dengan Wakil Bupati Manggarai Barat.
Nasional,berita, Kabar28.com,-

NUSA TENGGARA TIMUR - Sebagai mitra pemerintah, peran Tim Penggerak (TP) Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) sangat penting dalam mensosialisasikan, dan menyukseskan program pemerintah kepada semua pihak baik di desa maupun di kota. 

Hal ini dikatakan Wakil Ketua I TP PKK Sumsel, Fauziah Mawardi Yahya saat mempromosikan program Sumsel Mandiri Pangan kepada TP PKK Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (22/11/2021).

"Program ini bertujuan untuk mencegah stunting pada anak, dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber pemenuhan gizi. Program ini juga sejalan dengan 10 program pokok PKK," katanya.

Diungkapkannya, PKK wajib membantu  dan mengedukasi masyarakat baik yang miskin ataupun non miskin, terutama dalam ketersediaan pangan agar kebutuhan keluarga bisa terpenuhi, untuk mencegah stunting pada anak.

"Selain itu, PKK juga harus membantu meningkatkan perekonomian masyarakat yang selama pandemi Covid-19 ini sempat terpuruk. Bahkan, banyak usaha kecil akhirnya bangkrut karena tak kuat diterpa pandemi," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Manggarai Barat, Maria F Mely menjelaskan, sejumlah program terus disosialisasikan kepada masyarakat Manggarai Barat. Termasuk, melatih warga membuat pangan lokal non beras.

"Pangan lokal non beras itu, diperuntukkan bagi anak di atas 5 tahun dan balita. Selain itu, sosialisasi protokol kesehatan Covid-19 dan vaksinasi untuk membentuk Herd Immunity terus kami lakukan di masyarakat," jelasnya.

Maria F Mely menerangkan, untuk menyukseskan program pemerintah pusat, TP PKK bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menargetkan vaksinasi Covid-19 dibManggarai Barat mencapai 90% pada Desember 2021.

"Upaya jemput bola di masyarakat terutama anak sekolah juga kami lakukan, melalui program vaksinasi goes to school. Karena selain warga Lanjut Usia (Lansia), anak sekolah merupakan target utama vaksinasi," pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut TP PKK dan Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng. Kepala Dinas Perindustrian (Kadin Perindag) Sumsel, Ernila Rizal serta Pengurus TP PKK dan Dekranasda Sumsel. (rel)

Baca Lainnya

close