Nilai Audit Rendah, Sekda Minta Kepala OPD di Muba Benahi Penataan Arsip

Foto bersama usai kegiatan.

SEKAYU, Kabar28.com,- Sekretaris Daerah (Sekda) Musi Banyuasin (Muba), Apriyadi menyoroti banyaknya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Bumi Serasan Sekate yang belum bisa menata arsip dengan baik.

"Ini terbukti dengan rendahnya nilai audit kearsipan di 48 OPD," katanya saat penutupan kegiatan Audit Kearsipan Internal dalam Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba, di Auditorium Pemkab setempat, Rabu (24/11/2021).

Dirinya meminta, OPD dapat bekerja dengan menciptakan sistem penataan arsip yang baik, mengingat penataan arsip sangat penting, maka setiap dokumen harus tersimpan dengan baik.

"OPD harus menjadikan nilai audit kearsipan ini sebagai catatan penting, karena ini adalah gambaran dan harus menjadi motivasi untuk meningkatkan nilai audit internal kearsipan," pintanya.

Mantan Penjabat (Pj) Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) ini tidak ingin, ada OPD masih mempunyai nilai audit yang rendah ke depannya.

"Kepala OPD harus menjadikan hasil ini catatan dan perlu membenahi sistem penataan arsip, untuk meningkatkan nilai audit internal kearsipan di OPD masing-masing,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Utama (Sestama) Arsip Nasional RI (ANRI), Rini Agustiani mengungkapkan, pengelolaan arsip dengan baik dan benar sesuai kaidah kearsipan, akan bermanfaat besar bagi kehidupan organisasi, pemerintah dan masyarakat.

"Tersedianya arsip secara utuh, otentik dan terpercaya pada setiap lembaga dan pemerintah daerah, akan mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi serta bermanfaat untuk penilaian dan pertanggungjawaban kinerja, pelayanan publik serta penyediaan alat bukti bagi kepentingan lain," ungkapnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba, Yohanes Yubhar menjelaskan, kegiatan Audit Kearsipan Internal terhadap seluruh OPD di Pemkab Muba dilaksanakan mulai 1 24 November 2021.

"Audit Kearsipan adalah proses identifikasi masalah, analisis dan evaluasi bukti yang dilakukan secara independen. Objektif dan profesional berdasarkan standar kearsipan untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas, efektivitas, efisiensi serta kehandalan penyelenggaraan kearsipan,” jelasnya.

Usai penutupan kegiatan, Sekda Muba menyerahkan piagam penghargaan kepada OPD dalam Audit Kearsipan Internal Pemkab Muba 2021. (rel)

Kelas Perangkat Daerah :

Juara I : Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) nilai 73 kategori Sangat Baik.

Juara II : Badan Pendapatan dan Pengelolaan Retrebusi Daerah (BPPRD) nilai 72 kategori Sangat Baik.

Juara III : Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) nilai 61 kategori Baik. 

Harapan I : Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) nilai 59 kategori Cukup.

Harapan II : Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) nilai 57 kategori Cukup.

Harapan III : Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) nilai 56 kategori Cukup.

Kelas Bagian Sekretariat Daerah :

Juara I : Bagian Pengadaan Layanan dan Jasa nilai 73 kategori Sangat Baik.

Juara II : Bagian Hukum nilai 66 kategori Baik.

Juara III : Bagian Kerjasama nilai 65 kategori Baik.

Harapan I : Bagian Organisasi nilai 62 kategori Baik.

Kelas Kecamatan

Juara I : Kecamatan Jirak Jaya nilai 69 kategori Baik.

Juara II : Kecamatan Lais nilai 59 kategori Cukup.

Juara III : Kecamatan Sungai Keruh nilai 57 kategori Cukup.

Harapan I : Kecamatan Tungkal Jaya nilai 51 kategori Cukup

Harapan II : Kecamatan Keluang nilai 49 kategori Kurang.

Baca Lainnya

close