HD: Pertumbuhan Ekonomi Harus Turunkan Kemiskinan, dan Tingkatkan Kesejahteraan

Herman Deru hadiri PTBI 2021.

PALEMBANG, Kabar28.com,- Meski di tengah pandemi Covid-19, perekonomian di Sumsel terus tumbuh dan membaik, memasuki zona pertumbuhan positif 2 triwulan terakhir.

Gubernur Sumsel, Herman Deru (HD) menerangkan, peningkatan pertumbuhan ekonomi harus sejalan dengan penurunan angka kemiskinan dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

"Untuk itu saya tekankan, setiap kebijakan yang dikeluarkan harus berpotensi pada kesejahteraan masyarakat," katanya saat menghadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021, di Palembang, Rabu (24/11).

Apalagi, sambungnya, di masa pandemi ini pertumbuhan ekonomi Sumsel tetap positif. Maka, pihak-pihak terkait jangan salah membidik arah kebijakan.

"Contohnya dalam mengelola potensi daerah yang telah ada, seperti pada event Ranau Grand Fondo. Kami melihat banyak pusaran ekonomi yang terjadi, dan itu harus menjadi perhatian kita semua," tutupnya. 

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Sumsel, Hari Widodo mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Sumsel di triwulan III 2021 sebesar 3,93%, dan triwulan II 2021 sebesar 5,71%. Membaik dibandingkan pertumbuhan ekonomi triwulan I 2021 yang terkontraksi -0,40%.

"Berdasarkan perkembangan ekonomi saat ini dan berbagai indikator makro ekonomi, kami perkirakan pertumbuhan ekonomi Sumsel akan membaik dalam rentang 2,66%-3,56% di 2021 ini," ungkapnya.

Menurutnya, peningkatan itu diperkirakan terjadi pada seluruh komponen pengeluaran dan lapangan usaha. 

"Selain karena meningkatnya permintaan global, pemulihan ekonomi didukung oleh masifnya vaksinasi yang dapat memperbaiki kepercayaan diri masyarakat dalam aktivitas ekonomi," pungkasnya. (rel)

Baca Lainnya

close