Sukadamai Ditetapkan sebagai Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama di MUBA

Plt Bupati Muba tiba di Sukadamai.

SEKAYU, Kabar28.com,- Desa Suka Damai, Kecamatan Tungkal Jaya, ditetapkan sebagai Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA), Rabu (24/11/2021).

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muba, Beni Hernedi mengatakan, Sukadamai dipilih karena mampu hidup rukun dengan keberagaman agama dan suku.

"Saya berharap, ini dapat semakin memupuk kebersamaan dan mempraktekkan kehidupan sebagai amanat UUD 1945 dan Pancasila," harapnya.

Plt Kakanwil Kemenag Sumsel, Deni Apriansyah menuturkan, akan melaporkan hal tersebut ke Pemerintah Pusat bahwa satu-satunya kabupaten yang melaunching kerukunan umat beragama ialah Muba.

"Kekompakan masyarakat dan kebersamaan dalam beragama luar biasa. Inilah Indonesia, meski memiliki berbagai macam suku dan agama tetap bisa rukun,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Muba, Win Hartan mengungkapkan, penetapan itu berdasar atas hasil Rakornas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), di Bandung, Jawa Barat beberapa tahun lalu.

“Ini bukan direkayasa, memang sudah ada lima agama dan tempat ibadah di desa ini. Terbentuknya desa kerukunan beragama ini juga atas dukungan Plt Bupati Muba. Kalau bisa tahun depan kita mewakili desa kerukunan beragama tingkat provinsi,” tandasnya. (rel)

Baca Lainnya

close