Kehadiran Pengusaha dan Ramalan Sesepuh Golkar yang Jadi Nyata


Lia Cikita 2017-11-24 20:29:53 Politik 113 kali

Sekjen DPP Golkar 1983-1988 Sarwono Kusumaatmadja di Kantor Para Syndicate, Jakarta, Jumat (24/11/2017) (Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com - Publik terus menyorot Partai Golkar lantaran bersikeras mempertahankan Setya Novanto sebagai ketua umumnya. Padahal Novanto sudah ditahan oleh KPK atas kasus korupsi KTP elektronik.

Berbagai pihak pun mulai menakar nasib Partai Golkar di Pemilu 2018. Tidak sedikit yang menilai, Golkar akan "dihukum" oleh rakyat pada Pemilu nanti dengan tidak dipilih.

Namun, jauh sebelum itu, Sekjen DPP Golkar 1983-1988 Sarwono Kusumaatmadja sudah menduga Golkar akan mengalami situasi seperti saat ini sejak 1983 silam.

"Saya bikin ramalan suatu saat nanti Golkar akan dikuasai oleh pengusaha, ini belum tentu berita baik, eh betul (kejadian)," ujarnya dalam acara diskusi Para Syndicate, Jakarta, Jumat (24/11/2017).Sarwono ingat betul, saat dia menjabat sebagai Sekretaris Golkar di MPR pada 1983, ada golongan baru yang masuk ke Golkar yaitu golongan pengusaha.Golongan pengusaha itu berasal dari sebagai organisasi salah satunya yaitu dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Bahkan, kata dia, ada tiga pengusaha di MPR menyumbang dana untuk kas partai. Salah satu dari ketiga pengusaha itu yaitu Sofyan Wanandi. Dari situ, perubahan terjadi.

"Tadinya kami banyak program pembangunan dengan mengacu kepada Pancasila. Namun lama-lama orientasinya ke bisnis dan politik. Orang yang enggak bisa ngomong bisnis, enggak bisa ngomong dengan duit dan kedudukan, itu tersingkir dengan sendirinya," kata Sarwono.

 

Sumber :  Kompas.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close