Ke Indonesia, PM Denmark Siap Kerjasama Energi Terbarukan


Lia Cikita 2017-11-24 18:52:28 Internasional 55 kali

Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen. (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  - Perdana Menteri Denmark, Lars Lokke Rasmussen, dijadwalkan berkunjung ke Indonesia pada 27-29 November. Kunjungan tersebut dilakukan sebagai tanda upaya peningkatan hubungan kedua negara.

Upaya tersebut sudah terjalin sejak kedatangan Ratu Denmark, Ratu Margaret II, pada 2015. Kunjungan tersebut membawa delegasi pengusaha dalam jumlah besar.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan, PM Rasmussen juga akan membawa delegasi bisnis. Ada tiga kerjasama yang siap terjalin antara Copenhagen dengan Jakarta.

"Pertama, dalam konteks energi terbarukan. Denmark sangat advanced dalam penggunaan energi terbarukan berbasis bio. Ini bisa kerjasama. Kedua, lingkungan. Negara Nordik sangat peduli lingkungan. Ketiga, tata kelola pemerintahan yang baik dan demokrasi," urai Menlu Retno kepada awak media di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (24/11/2017).

Sementara itu, kerjasama perdagangan antara Denmark dengan Indonesia belum begitu signifikan. Di antara lima negara Eropa Utara (Nordik), Denmark berada pada peringkat keempat dalam konteks perdagangan.

Sedangkan angka investasi dari Denmark ke Indonesia mencatat lonjakan yang cukup tinggi. Menurut Menlu Retno, investasi Denmark di Indonesia tercatat USD800 ribu pada 2016. Pada 2017 angka tersebut sudah mencapai USD10,9 juta.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close