Trump Bilang Rusia Sakiti Upaya AS Singkirkan Nuklir Korut


Mutiara Safitri 2017-10-26 13:48:26 Internasional 124 kali

Donald Trump (Foto : istimewa)

Washington, Kabar28.com,-   Presiden Donald Trump memuji China yang dia sebut membantu Amerika Serikat (AS) dalam upayanya untuk menyingkirkan senjata nuklir Korea Utara (Korut). Sebaliknya, dia menuduh Rusia menyakiti upaya Washington.

Trump mengatakan akan lebih mudah menyelesaikan masalah nuklir Korut jika AS memiliki hubungan yang lebih baik dengan Rusia. ”China membantu kami dan mungkin Rusia melewati jalan lain dan menyakiti apa yang kita dapatkan,” kata Trump mengacu pada situasi Korut.

Serangkaian tes senjata oleh rezim Pyongyang dan rentetan perang kata-kata antara Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah meningkatkan ketegangan di antara kedua negara.

Trump telah menekan China untuk membantu mengendalikan program nuklir Korea Utara. China adalah satu-satunya sekutu utama Korea Utara yang menyumbang lebih dari 90 persen perdagangan dengan negara yang terisolasi tersebut.

Dalam sebuah tweet, Trump mengaku bahwa dia telah berbicara dengan Presiden China Xi Jinping pada hari Kamis, di mana pembicaraan tersebut mencakup tentang krisis Korea Utara.

Hubungan AS dan Rusia telah tegang karena tuduhan bahwa Rusia mencampuri pemilihan presiden AS, aneksasi Moskow terhadap Crimea dari Ukraina dan dukungannya terhadap pemerintah Suriah.

”Saya pikir kita bisa memiliki hubungan yang baik dengan Rusia,” kata Trump. ”Saya pikir situasi Korea Utara akan lebih mudah diselesaikan,” papar pemimpin Gedung Putih ini.

Sumber : sindonews.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close