Ini Isi Surat yang Ditulis Obama Muda untuk Kekasihnya


Lia Cikita 2017-10-19 17:14:41 Internasional 138 kali

Foto surat Barrack Obama muda yang ditulis untuk kekasihnya semasa kuliah Alexandra McNear (Foto : istimewa)

Washington, Kabar28.com,  - Semasa muda, presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama ternyata juga pernah merasa galau.

Obama muda mempertanyakan tentang tempatnya di dunia, identitas etnisnya, kekhawatiran akan uang, sampai persoalan asmara.

Semua itu tertuang dalam surat-surat yang ditulis Obama yang dikirimkannya kepada mantan kekasihnya semasa kuliah, Alexandra McNear.

Sebanyak 30 lembar surat yang terbagi menjadi sembilan bagian itu tersimpan dan tengah diarsipkan di Universitas Emory di Atlanta.

Surat-surat tersebut kini terbuka untuk para peneliti melalui Perpustakaan Stuart A Rose di kampus tersebut setelah sebelumnya tersimpan sejak 2014.

Melalui surat yang ditulis pada 1980-an itu, masyarakat bisa sedikit mengintip ke dalam jiwa Obama muda yang masih dalam tahap pencarian jati diri sebelum menapaki jalan menuju Gedung Putih sebagai presiden kulit hitam pertama AS. Demikian pernyataan resmi Universitas Emory yang dikutip AP, Kamis (19/10/2017).

Surat-surat tersebut ditulis Obama selama rentang waktu 1982 sampai 1984.

Kala itu, Obama tengah menimba ilmu di Universitas Columbia, New York, semasa tinggal di Indonesia, dan saat bekerja sebagai penulis di perusahaan penerbitan Business International Corporation di New York.

"Gaji di organisasi masyarakat terlalu sedikit untuk bertahan hidup, jadi aku ingin bekerja di perusahaan yang lebih konvensial selama setahun agar bisa menabung untuk mengejar sesuatu yang lebih menarik berikutnya," demikian isi sebagian tulisan Obama dalam suratnya pada 1983.

Sebagian isi surat tersebut sempat dimuat dalam sebuah buku tentang Obama beberapa tahun lalu.

"(Surat-surat itu) Bercerita tentang perjalanan hidup seorang pemuda yang tengah mencari jati diri dan tujuan dalam hidupnya," kata Direktur Perpustakaan Stuart A Rose, Rosemary Magee.

Kegalauan dan Keanehan

Salah satu bagian surat itu juga memuat kegundahan hati Obama akan hubungannya dengan mantan kekasihnya, McNear.

"Aku kerap memikirkanmu, meski aku masih ragu tentang perasaanku ini," tulis Obama dalam suratnya kepada Alexandra McNear pada 1983.

"Sepertinya kita akan menginginkan apa yang tak bisa kita miliki. Itu yang mengikat kita. Itu yang membuat kita berjarak."

Tapi tidak semua isi surat Obama itu berisi soal kecemasan atau kegalauan.

Dosen Universitas Emory, Andra Gillespie mengungkapkan, salah satu isi surat Obama adalah potongan ulasan buku berjudul "Becoming a Heroine" karya Rachel M Brownstein yang dimuat koran New York Times.

"Ini mungkin bagian dari strategi berpacarannya. Baiklah.. Tapi siapa yang mengirimkan ulasan buku pada pacarnya?"

"Menurut saya ini seperti Obama yang menunjukkan dia pro-feminisme, tapi juga terasa seperti hubungan yang selalu berpikir," ujar Gillespie

"Saya sendiri juga kutu buku, jadi saya sedikit merasa yang dilakukan Obama cukup keren," ungkap Gillespie yang juga sedang menyiapkan buku tentang sang mantan presiden.

Sumber : kompas.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close