Trump Dianggap Tak Hormati Keluarga Tentara AS yang Tewas di Niger


Mutiara Safitri 2017-10-19 11:25:23 Internasional 176 kali

Donald Trump (Foto : istimewa)

Washington DC, Kabar28.com,-  Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memicu kontroversi baru. Trump dianggap tidak menghormati tentara AS yang gugur dalam serangan di Niger, lewat komentar tidak sensitif.

Kontroversi baru ini terkait percakapan Trump dengan janda tentara AS, Sersan La David Johnson (25), yang tewas di Niger. Johnson merupakan salah satu dari empat tentara AS yang tewas dalam serbuan militan di Niger pada 4 Oktober lalu.

Menurut dua orang yang mengetahui isi percakapan telepon Trump dengan janda Johnson, Trump menyampaikan pesan yang tidak simpatik dan tidak sensitif. Johnson meninggalkan seorang istri bernama Myeshia yang sedang mengandung anak ketiga mereka.

"Presiden Trump tidak menghormati putra saya dan putri saya dan juga saya dan suami saya," ucap ibunda Johnson, Cowanda Jones-Johnson.

Salah satu orang yang mengetahui percakapan itu adalah anggota parlemen AS, Frederica Wilson, yang mengklaim dirinya mendengar sebagian percakapan itu. Menurutnya, Trump gagal memberikan penghiburan kepada istri Johnson dengan mengatakan tentara muda itu 'tahu komitmennya'.

"Saya tidak mendengar seluruh percakapan telepon itu, tapi saya mendengarnya berkata, 'Saya yakin dia (Johnson-red) tahu untuk apa dia ditugaskan, tapi memang masih terasa sakit'," tutur Wilson yang merupakan anggota parlemen dari Partai Demokrat untuk negara bagian Florida.

Cowanda membenarkan keterangan Wilson itu. Menanggapi hal ini, Trump memberikan bantahan via Twitter. "Angota kongres (Partai) Demokrat jelas-jelas merekayasa apa yang saya katakan kepada istri tentara yang gugur dalam tugas (dan saya punya bukti). Menyedihkan!" ucap Trump.

Saat bertemu wartawan setempat, Trump kembali menyatakan bantahan. "Saya tidak mengatakan apa yang dia (Wilson-red) katakan. Saya melakukan percakapan yang sangat baik," tegasnya. Saat ditanya lebih lanjut soal bukti yang dia maksud, Trump menjawab: "Biarkan dia memberikan keterangan lagi maka kalian akan mengetahuinya."

Wilson menambahkan, bahwa usai ditelepon Trump, istri Johnson langsung menangis. "Dia (istri Johnson-red) menangis, dia ambruk. Dan dia bilang 'Dia (Trump-red) bahkan tidak tahu namanya (Johnson)'," tutur Wilson.

Sumber : detik.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close