Astaga! Koleksi Ini Bikin Museum di China Dianggap Rasis, Apa Sih?


Lia Cikita 2017-10-12 20:47:20 Internasional 88 kali

Salah satu pajangan di museum yang bersifat rasis (Foto : istimewa)

Wuhan, Kabar28.com,  - Sebuah museum seharusnya menampilkan sesuatu yang bersejarah dan indah. Namun sebuah museum di China justru sebaliknya. Di museum tersebut, mereka menampilkan foto-foto yang menampilkan orang kulit hitam yang disandingkan dengan seekor hewan.

Hal tersebut ditunjukkan oleh seorang pria asal Nigeria, Edward Duke, lewat sebuah video yang ia posting di Instagram. Saat itu ia tengah mengunjungi museum di Wuhan, ibu kota provinsi Hubei, China Tengah. Di museum tersebut, terdapat banyak foto binatang liar, dibingkai yang disandingkan dengan orang-orang kulit hitam yang menampilkan ekspresi yang sama.

Di museum tersebut, terdapat foto seekor singa yang tampak sedang menggeram yang disandingkan dengan foto seorang pria dengan ekspresi yang sama, seekor simpanse yang mulutnya terbuka lebar disandingkan dengan ekspresi anak kecil yang sama, dan sejumlah foto binatang lainnya yang juga berdampingan dengan manusia. Hal tersebut dianggap rasis oleh beberapa kalangan.

Menurut laporan Asia Correspondent, Kamis (12/10/2017), China memiliki masalah rasisme terhadap orang kulit hitam. Ada ketakutan irasional terhadap "invasi hitam" yang diyakini orang China mereka membawa narkoba, kejahatan, dan pernikahan antarras.

Pada Maret, politisi Pan Qinglin mengatakan kepada media lokal, "Orang Afrika membawa banyak risiko keamanan." Dia mendesak pemerintah untuk secara ketat mengendalikan orang-orang Afrika yang tinggal di Guangdong dan tempat-tempat lain di China.

Selain itu, ini bukan pertama kalinya China dianggap berbuat rasisme pada minggu ini. Aplikasi media sosial favorit China, WeChat, meminta maaf ketika terjemahannya menemukan kata ‘heilaowai’, yang berarti "orang asing berkulit hitam" pada huruf N.

Sementara, jumlah orang Afrika yang terus meningkat merupakan seorang pekerja dan pelajar di China. Diperkirakan jumlah orang Afrika di Guangzhou sekira 150 ribu penduduk. Menurut data statistik pemerintah Guangzhou pada 2014, terdapat 14 juta orang Afrika di Guangzhou.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close