Lebih 600 Orang Mendaftar Jadi Calon Legislatif PSI


Lia Cikita 2017-10-10 17:49:16 Politik 156 kali

Tarian tradisional Papua mengiringi kedatangan kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di kantor KPU, Selasa (10/10) (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  - Partai Solidaritas Indonesia (Psi) tengah membuka pendaftaran bagi putra-putri terbaik bangsa, untuk menjadi calon legislatif, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Ketua Umum PSI Grace Natalie menyebutkan, lebih dari 600 orang telah mendaftar sebagai calon legislatif melalui partainya. Mereka umumnya dari kalangan profesional.

"Lebih dari 600 pendaftar onlineoffline belum. Jadi temen-temen belum input yang offline, jadi diperkirakan lebih dari itu. Dan bagus-bagus, rata-rata profesional, enggak ada orang parpol," ujar Grace saat kunjungan ke redaksi SCTV, Senayan, Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Kendati, kata Grace, tidak menutup kemungkinan partainya akan menerima calon legislatif dari kalangan politisi partai lain.

"Tidak menutup orang dari partai lain, karena nantinya diseleksi juga oleh juri independen," ujar dia.

Sebagai partai baru yang memiliki slogan Terbuka dan Progresif, Grace menyebutkan, proses seleksi calon legislatif di PSI akan dilakukan transparan serta melibatkan juri independen yang kredibel.

"Panel juri akan wawancara calon, dan seleksi di sosmed, jadi semua orang bisa akses rekaman itu dari proses yang dijalani," kata dia.

Keterbukaan sistem seleksi calon anggota legislatif tersebut, kata Grace, selain bertujuan untuk transparansi partai, sekaligus edukasi politik bagi masyarakat.

"Selama ini ada 560 anggota dewan di DPR, mereka tentu orang-orang terbaik, dong. Tapi selama ini rakyat enggak tahu proses seleksinya, kita enggak pernah tahu, tahu-tahu keluar hasilnya. Kita hanya tahu mereka ambil fomulir," papar dia.

Ketua Umum PSI itu menambahkan, juri independen yang akan dilibatkan mulai dari kalangan akademisi hingga tokoh yang kredibel, di antaranya pengamat politik Hamdi Muluk, dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD.

Sumber : liputan6.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close