Innalillahi! Wali Kota Amsterdam Meninggal Akibat Kanker


Lia Cikita 2017-10-06 16:14:12 Internasional 99 kali

Foto mantan Wali Kota Amsterdam, Eberhard Van der Laan (Foto : istimewa)

Amsterdam, Kabar28.com,  – Wali Kota Amsterdam, Eberhard van der Laan, dilaporkan meninggal dunia akibat kanker paru-paru. Kabar duka ini berselang beberapa pekan usai ia mengumumkan akan mengundurkan diri dari jabatannya karena penyakit yang ia derita.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (6/10/2017) Van der Laan pertama kali memberikan informasi mengenai penyakit yang ia derita kepada warganya pada Januari 2017. Saat itu ia mengklaim bahwa prognosa penyakitnya memberikan kesempatan kecil untuk optimisme terkait kesembuhannya.

Sekira tiga pekan yang lalu, Van der Laan, mengumumkan ia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai wali kota. Laan yang didiagnosa menderita kanker paru-paru metastasis menulis sepucuk surat yang menjelaskan kondisinya. Ia mengklaim bahwa semua pilihan pengobatan untuknya telah habis dan karena itulah ia tidak dapat lagi memenuhi tugasnya sebagai Wali Kota Amsterdam.

“Dukungan Anda sangat membantu saya. Merupakan suatu kehormatan besar untuk menjadi wali kota dari sebuah kota tercantik dan paling disayangi di dunia,” tutur Laan dalam surat pengunduran dirinya tersebut. Mendengar hal itu, ribuan orang warganya berkumpul di depan rumahnya untuk memberikan tepuk tangan sebagai bentuk dukungan terhadapnya.  

Al Jazeera melaporkan bahwa Laan merupakan politikus paling populer di kalangan masyarakat Belanda. Ia juga dikenal dari pendekatan politiknya yang sederhana dan ‘langsung’ sehingga membuatnya banyak digemari oleh warga setempat.

Salah satu momen yang membuat nama Laan banyak disorot dunia adalah ketika Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengunjungi Amsterdam pada 2013. Saat itu, ia mengklaim terlalu sibuk untuk bertemu Putin dan memerintahkan untuk mengibarkan bendera pelangi di balai kota sebagai bentuk protes atas kebijakan Rusia terhadap kaum gay dan lesbian.

Sumber : okezone.com

 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close