Pengungsi Makin Membeludak, Bangladesh Akan Bangun Kamp Terbesar di Dunia untuk Muslim Rohingya


Lia Cikita 2017-10-05 21:50:32 Internasional 210 kali

Pengungsi Rohingya. (Foto : istimewa)

Cox's Bazar, Kabar28.com, - Bangladesh akan memperluas sebuah kamp penampungan di distrik paling selatan untuk menampung 900.000 Muslim Rohingya. Selain itu, diketahui bahwa kamp tersebut nantinya menjadi kamp terbesar di dunia.

Sebelumnya, seluas dua ribu hektare tanah di distrik Cox's Bazar disisihkan pada September untuk kamp baru yang dapat menampung 400.000 warga Rohingya yang telah meninggalkan Myanmar sejak akhir Agustus.

Namun, kamp tersebut semakin lama semakin sempit karena jumlah pengungsi melebihi setengah juta, memberi tekanan pada kamp-kamp di sepanjang perbatasan yang telah menampung ratusan ribu orang Rohingya.

Mofazzal Hossain Chowdhury Maya, menteri penanganan bencana, mengatakan bahwa diperkirakan 8 ribu hingga 9 ribu pengungsi akan dipindahkan ke kamp baru di pinggiran Kutupalong, permukiman Rohingya terbesar di daerah tersebut.

"Mereka yang tinggal di tempat-tempat yang tersebar akan dibawa ke satu tempat, jadi lebih banyak lahan yang dibutuhkan. Pelan-pelan semuanya akan dilakukan," ungkapnya, dilansir dari Daily Mail, Kamis (5/10/2017).

Nantinya, kamp tersebut diperluas menjadi 1.000 hektare untuk mengakomodasi orang-orang Rohingya lebih banyak lagi. Dia juga mengatakan bahwa semua pengungsi yang tinggal di 23 kamp di sepanjang perbatasan akan dipindahkan ke lokasi tersebut dan permukiman yang ada ditutup. Sejauh ini sudah dua kamp penampungan yang sudah ditutup.

Sekadar informasi, kalangan dokter dan badan amal setempat khawatir penyakit seperti kolera dapat menyebar dengan cepat akibat kamp yang padat dan sanitasi yang buruk. Oleh karena itu, kekhawatiran tersebut menjadi pemicu untuk meluaskan area pengungsian.

Selain itu, banyak badan amal yang berjuang untuk menyumbang makanan dan melindungi lebih dari setengah juta pengungsi yang telah membanjiri kamp-kamp tersebut, di mana kasus diare meningkat dua kali lipat dalam seminggu.

Mark Lowcock, sekretaris jenderal PBB untuk urusan kemanusiaan, mengatakan badan dunia tersebut akan mencari dana sekira USD430 juta demi meningkatkan operasi bantuan untuk Rohingya.

Sumber : okezone.com

 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close