Eksplorasi Migas Masih Melempem, Arcandra Tahar Minta Jangan Saling Menyalahkan


Lia Cikita 2017-09-29 18:17:27 Nasional 28 kali

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  - Meski eksplorasi minyak dan gas bumi (Migas) di Indonesia tengah menurun, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar meminta agar seluruh pihak berkepentingan tidak saling menyalahkan.

"Saya menyadari kesulitan yang ada pada KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) Migas. Kalau kita masih saling menyalahkan bahwa ini domain pemerintah, domain KKKS, mungkin suatu saat kita tidak bisa kerjasama lagi karena saling menyalahkan," kata Arcandra di Kantor SKK Migas, Jakarta, Jumat (29/9/2017).

Dirinya mengimbau agar seluruh pihak berkepentingan di sektor migas bisa bekerjasama secara lebih erat guna memperoleh solusi untuk mendorong sektor migas.

"Kita perlu menyadari, hambatan yang ada dalam kegiatan eksplorasi itu perlu kita cari solusinya. Baik itu dari sisi izin-izin daerah maupun dari sisi izin Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLKH), pinjam pakai segala jenis hutan yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk kegiatan eksplorasi," paparnya.

Dari sisi keamanan, disebut Arcandra juga masih berkendala. "Dari sisi keamanan, itu juga kami rasakan kendala dari sisi eksplorasi yang nantinya kita berharap kendala ini bisa kita atasi bersama," ujarnya.

"Maka saya populerkan unified strategy (strategi terpadu), di mana semua pihak bisa bahu membahu mengatasi persoalan yang mungkin tidak berhubungan langsung dengan petroleum operation (operasi perminyakan), tapi sangat mengganggu kalau persoalan tersebut tidak diselesaikan secara menyeluruh," jelasnya lagi.

Secara tegas Arcandra menyatakan siap membawa keluhan dari pelaku eksplorasi di bidang migas ke lembaga atau kementerian terkait guna memecahkan masalahnya. Dengan demikian, hambatan di bidang migas bisa terpecahkan.

"Kalau permasalahan di KLHK saya akan bawa KKKS ke KLHK. Kalau kita serahkan semua ke KKKS, kadang enggak selesai," tandasnya.

Sumber : okezone.com

 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close