Daya Saing RI Naik Peringkat, Ini Kata Menteri PUPR


Lia Cikita 2017-09-29 16:16:35 Nasional 25 kali

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  - Peringkat daya saing Indonesia naik ke posisi 36, dari sebelumnya berada di posisi ke 41. Hal ini diapresiasi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Menurutnya, salah satu dorongan naiknya peringkat daya saing Indonesia juga disokong oleh gencarnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan belakangan. Seperti diketahui, sebelumnya World Economic Forum juga menaikkan peringkat daya saing infrastruktur Indonesia ke posisi 60 atau naik dua peringkat.

"Saya kira saya melihatnya bahwa salah satu kontribusinya adalah karena pembangunan infrastruktur. Dibuktikan dengan daya saing infrastrukturnya sendiri kan naik rankingnya. Jadi ada kontribusinya. Alhamdulillah bahwa apa yang kami kerjakan adalah salah satunya," kata Basuki saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (29/9/2017).

 

Infrastruktur PUPR sendiri disokong lewat pembangunan jalan, jembatan, air dan perumahan. Pihaknya juga melakukan pembangunan lewat pengembangan infrastruktur wilayah, tujuannya agar pembangunan bisa merata.

"Kita sudah membangun di perbatasan, di timur. Di timur banyak lagi yang harus kita bangun. Kalau di barat, Jawa dan Sumatera kan peningkatan-peningkatan, tapi kalau di timur, memang harus bangun baru, karena memang belum ada, di jalan lingkar di pulau itu harus ada," tukasnya.

Indonesia sendiri dinilai telah memperbaiki kinerja di semua pilar, mulai dari infrastruktur hingga makro ekonomi.

Saat ini, peringkat daya saing Indonesia berada di atas Vietnam yang berada di posisi 55 dan Filipina di posisi 56 serta Brunei Darussalam di posisi 46, namun masih di bawah 3 negara tetangga di ASEAN yaitu Thailand yang berada di posisi 32, Malaysia di posisi 23, dan Singapura di posisi 3.

Sumber : detiknews.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close