Dituntut 8 Bulan Penjara, Iwa K Ajukan Klemensi


Mutiara Safitri 2017-09-20 18:04:41 Selebriti 91 kali

Iwa K (Foto : Istimewa)

Tangerang, Kabar28.com,-  Terkait tuntutan delapan bulan pidana yang diarahkan kepada terdakwa penyalahgunaan narkotika, Iwa Kusuma alias Iwa K, pihak kuasa hukum langsung mengajukan klemensi atau permohonan keringanan hukuman di sidang ketiga.

Sidang sendiri diadakan di Pengadilan Negeri Tangerang, Banten pada Rabu (20/9/2017) sekira pukul 14.30 WIB. 

"Tadi kita tidak mengajukan pledoi tapi yang kita ajukan itu klemensi, permohonan keringanan hukuman. Tadi sudah dinyatakan sama jaksa bahwa tuntutan untuk terdakwa Iwa K itu 8 bulan. 8 bulan rehabilitasi, mengurangi dengan masa yang telah dijalani," ujar sang kuasa hukum, Chris Sam Siwu usai persidangan.

Chris menilai tuntutan dari jaksa penuntut umum (JPU) sudah sesuai dengan fakta yang ada. Namun Chris tetap memperjuangkan keringanan hukuman sang klien.

"Kami merasa tuntutan itu sesuai dengan fakta persidangan. Kami juga akan analisi lagi dengan tim, tetapi kami menyikapi jaksa sudah santai bijak. Pasalnya ini bukan kasus kriminal tapi masalah kesehatan," sambungnya.

Meski tidak dijerat hukuman di dalam lapas, Chris menyebutkan Iwa tetap menjalani hukuman namun di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur.

"Artinya proses hukuman ini udah tepat. Iwa dinyatakan bersalah. Dia dipidana selama 8 bulan. Tetapi dipidananya ini menempatkan iwa di RSKO. Itu tuntutannya. 

Iwa dijerat pasal 127 ayat (1) huruf a UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Sidang putusan Iwa sendiri akan diadakan pada 27 September 2017.

Pelantun Bebas ini tertangkap tangan di Terminal 1A Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta pukul 04.00 WIB saat hendak terbang menuju Makassar, Sulawesi Selatan pada 29 April 2017. Barang bukti berupa tiga linting ganja yang dimasukkan ke dalam rokok kemasan kretek ditemukan di kantong celana bagian depan Iwa. 

Pihak Mapolresta Bandar Udara Soekarno Hatta (Soetta) menyebutkan berat netto ganja yang dibawa Iwa sebesar 1,4850 gram. Sempat ditahan selama sepekan di Mapolresta Bandara Soeta, Iwa akhirnya dipindahkan guna menjalani proses rehabilitasi berdasarkan hasil assessment.

Iwa berada di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur sejak 5 Mei 2017. Kendati demikian, proses hukum Iwa akan terus bergulir di meja pengadilan.

Sumber : okezone.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close