Marak Peredaran PCC, Mendikbud: Ini Bisa Hancurkan Generasi Muda


Lia Cikita 2017-09-18 10:24:45 Pendidikan 147 kali

Mendikbud Muhadjir Effendi (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com, - Peredaran obat PCC (paracetamol, caffeine, dan carisoprodol) sedang marak dan menyasar ke para siswa sekolah di Kendari, Sulawesi Selatan. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, tujuan peredaran obat ini untuk merusak generasi muda.

"Ini menurut saya proxy war, perang proxy, yang sasarannya bisa menghancurkan generasi muda melalui obat terlarang itu," ucap Muhadjir usai menjadi pembina upacara di SMKN 6 Jakarta, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (18/9/2017).

Muhadjir berpendapat, salah satu solusinya adalah dengan program penguatan karakter. Isu narkotika akan jadi salah satu pembahasan di program penguatan karakter.

 

"Kembali kepada penguatan karakter itu, karena itu program pendidikan penguatan karakter yang jadi Perpres kita tindak lanjuti, termasuk narkoba itu jadi subtema yang harus dibahas, disampaikan kepada para siswa terutama," kata Muhadjir

Tidak ada alasan tidak ada unsur kesengajaan sengaja dalam peredaran obat-obatan terlarang, kata dia. Menurutnya sebagian besar obat terlarang itu berasal dari luar negeri.

"Kalau tidak sengaja, minimal setengah sengaja, obat terlarang ini sebagian besar merupakan impor, oleh pelakunya dari negara lain," ujarnya.

Muhadjir menjelaskan peredaran obat-obatan terlarang yang semakin liar ini adalah upaya memperlemah bangsa. Harus ada keseriusan dari semua pihak untuk memberantas narkoba.

"Harus ada keseriusan dari semua pihak untuk mengatasi, mencegah semua. Banyak orang merasa khawatir bangsa Indonesia jadi besar," ungkap Muhadjir.

Sumber : detiknews.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close