Mendengkur Setiap Tidur Malam, Cegah dengan 7 Tips Ini!


Lia Cikita 2017-09-08 11:03:52 Tips 185 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Seorang perokok sering kali tidurnya mendengkur walaupun tak diinginkan. Lalu, bagaimana tips untuk mencegahnya supaya tidak mengganggu waktu tidur Anda ya?

Kebiasaan mendengkur bukanlah hal yang baik. Anda bisa mengalami banyak masalah dari kebiasaan tersebut.

Tapi Anda tak perlu khawatir lagi bila memiliki kebiasaan mendengkur. Lakukan tips sederhana berikut ini, dilansir WebMD, Jumat (8/9/2017).

Ubah posisi tidur Anda

Berbaring telentang membuat dasar lidah Anda dan langit-langit lunak bisa menghalangi tenggorokan. Akibatnya, Anda bisa mengalami mendengkur. Ubah posisi tidur menjadi miring, cara ini dapat membantu Anda mengalahkan kebiasaan mendengkur. Tak hanya itu, gunakan pula bantal panjang yang menopang leher Anda dengan benar supaya tidak mendengkur lagi.

Menurunkan berat badan

Anda yang tidak memiliki tubuh gemuk atau berusaha menjaga berat badan ideal juga menjadi salah satu cara melawan kebiasaan mendengkur. Faktanya, orang yang tubuhnya gemuk lehernya penuh lemak dan menutupi bagian leher. Anda harus menjaga pola makan dengan teratur agar tidak berisiko mengalami tubuh yang kegemukan.

Hindari minuman beralkohol

Minum alkohol empat sampai lima jam sebelum tidur membuat Anda mendengkur parah. Karena itu, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman beralkohol karena risiko lainnya pula, termasuk memicu penyakit gangguan kardiovaskular hingga serangan kanker.

Lakukan tidur yang berkualitas

Kebiasaan tidur yang buruk bisa membuat Anda tidur mendengkur. Karena itu, Coba atur waktu tidur Anda dengan benar. Tidurlah dengan nyenyak di malam hari. Jangan biasakan untuk beraktivitas sebelum tidur agar pikiran menjadi rileks dan bisa nyaman tidur.

Mandi air hangat

Mandi air hangat sebelum Anda tidur dapat membantu membuka saluran hidung. Atau cara lain yakni bilas saluran hidung Anda dengan sebotol air hangat yang sudah dicampur garam. Cara ini mengeluarkan kotoran dari hidung Anda yang sangat membuat nyaman bernapas.

Ganti bantal Anda

Alergi di kamar tidur Anda dan di bantal akibat tungau dapat menyebabkan mendengkur. Ganti sarung bantal tidur Anda setiap minggu. Cara ini sangat efektif mengatasi kebiasaan mendengkur yang tentu mengganggu waktu tidur.

Minum banyak air putih

Minum air putih dapat mengatasi waktu tidur Anda yang buruk. Anda bisa menghindari mengorok dengan cara ini. Hidrasi tubuh Anda setiap saat, dengan mencukupi kebutuhan minum air sekira dua liter sehari bagi orang dewasa.

Sumber : okezone.com

 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close