Ini Penampakan Musala Wasiat Olga Syahputra


Lia Cikita 2017-09-02 18:24:00 Selebriti 214 kali

Bagian dalam Mushala Birrul Walidain Olga Syahputra di Duren Sawit, Jakarta Timur (Foto : Istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdiri di tengah permukiman warga membuat Mushala Birrul Walidain Olga Syahputra agak sulit ditemukan. Selain tempatnya yang masuk ke dalam perkampungan, mushala tersebut juga terbilang bukan sebagai bangunan mewah.

Musala itu terletak di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur. Kompas.com berkesempatan melihat musala yang pembangunannya masih 90 persen tersebut.

Kubah biru yang berada di bagian atas masjid membuat musala ini cukup mencolok karena berada di tengah-tengah rumah warga.

Belum ada pagar atau gerbang di bagian depan musala. Teras dengan ubin bercorak hitam dan putih terhampar laiknya teras yang ada di rumah.

Pada lantai bawah musala terdapat tempat wudhu dan toilet pria wanita serta area shalat untuk jamaah pria. Lantai bawah mushala diperkirakan bisa menampung 20-30 orang jamaah sekali shalat.

Beranjak ke lantai atas terdapat area shalat untuk jamaah wanita dengan kapasitas hampir sama dengan lantai bawah. Selain itu, terdapat juga sebuah ruangan serupa kelas untuk tahfidz Quran yang masih dalam tahap pembangunan.

 

Kompas.com sempat berbincang dengan Ketua Dewan Kemakmuran Mushala (DKM) Birrul Walidain Olga Syahputra, Imron Rosyadi. Menurut Imron, pembangunan musala itu belum kelar seratus persen.

"Ini kan belum tuntas semua pembangunannya. Nanti pagar sekalian dibuat bersamaan dengan menara, finishing cat di bagian luar, dan juga pembangunan kamar marbot serta sekretariat musala," ucap Imron, Sabtu (2/9/2017).

Imron memperkirakan, pembangunan Mushala Birrul Walidain Olga Syahputra ini baru selesai dalam kurun waktu kurang dari sebulan lagi.

"Perkiraan ini selesai sebulan lagilah kira-kira sampai bersih rapi pertengahan September atau akhir September. Yang belum rapi itu menara, kalau sekretariat dan pagar paling tinggal sebentar lagi," ujarnya.

Mushala Birrul Walidain Olga Syahputra dibangun pada 18 Agustus 2016 dan berdiri di atas lahan seluas 150 meter persegi dengan luas bangunan atas dan bawah yang mencapai kurang lebih 280 meter persegi.

Mushala Birrul Walidain Olga Syahputra merupakan tempat ibadah yang diminta Olga dalam wasiatnya sebelum menghembuskan napas terakhirnya pada Maret 2015 silam. Kala itu, komedian bernama asli Yoga Syahputra itu berpesan kepada keluarganya untuk membangun sebuah masjid atau musala menggunakan hartanya.

Setelah mencari ke Bekasi, Sawangan, Bogor, dan lokasi lainnya, Nur Rachman pun memutuskan pilihan pada sebuah musala kecil di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, untuk merealisasikan wasiat putra pertamanya itu.

Imron menceritakan, Nur Rachman (ayah Olga) pada pertengahan 2016 datang bersilaturahim dengannya dan meminta izin untuk merenovasi Mushala Birrul Walidain yang saat itu masih dalam pembangunan dan memerlukan dana untuk diperbagus luar serta dalamnya.

"Pak Nur Rachman langsung datang survei dan ngobrol sama saya dan dia minta izin merenovasi mushala ini cuma dengan permintaan nama mushalanya ditambahkan nama Olga Syahputra," ucap Imron.

Lantaran berada di atas tanah wakaf yang sudah menjadi milik umat Imron, dengan senang hati memperbolehkan keluarga besar Olga merenovasi musala tersebut.

"Saya jawab silakan, enggak apa-apa. Sejak saat itu namanya berubah jadi Mushala Birrul Walidain Olga Syahputra dan kemudian bangunan lama dibongkar pada 18 Agustus 2016. Jadi bisa dibilang ini bangunan baru," kata dia.

 

Sumber : Kompas.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close