Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban di Purworejo Naik


Lia Cikita 2017-08-31 13:04:04 Nasional 30 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Purworejo, Kabar28.com,  - Hari Raya Idul Adha tinggal esok hari. Umat muslim di wilayah Purworejo, Jawa Tengah yang hendak berkurban mulai mendatangi pasar hewan. Harga hewan kurban baik sapi dan kambing di Purworejo mengalami kenaikan.

Salah satu pasar hewan yang ramai di Purworejo adalah Pasar Hewan Batoh di Kecamatan Bayan, Kamis (31/8/2017). Pasar hewan Batoh sendiri merupakan pasar hewan terbesar di Purworejo. Para pedagang dan pembeli tidak hanya berasal dari Purworejo saja namun juga berasal dari kota lain seperti Yogyakarta, Kebumen, Wonosobo dan Magelang

Ratusan pedagang menambatkan hewan dagangannya di tempat tersedia. Sedangkan pembeli juga tampak lalu lalang hendak memilih dan menawar hewan yang dijual. Hari ini merupakan hari terakhir pasar hewan itu buka sebelum Idul Adha,

Salah seorang pedagang kambing, Anton (54) mengatakan harga hewan kurban di pasar itu pada hari terakhir menjelang Idul Adha mengalami kenaikan hingga mencapai 40 %.

"Hari ini harganya naik ketimbang hari sebelumnya sampai 40%," tuturnya.

Menurutnya harga kambing yang dijual di Pasar Batoh itu sendiri rata-rata dari Rp 1,5 juta hingga Rp 4 juta. Adanya kenaikan yang cukup drastis itu, pedagang mengaku meraup banyak keuntungan.

Dia mengaku dalam beberapa hari terakhir kambing miliknya sudah terjual lebih dari 50 ekor. Kambing-kambing miliknya juga merupakan kambing lokal dari Purworejo dan sekitarnya.

"Kisaran harga tergantung ukuran sekitar Rp 1,5 juta sampai Rp 4 juta. Selama ini udah laku 57 ekor," katanya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Subur Hidayat (51), seorang pedagang sapi yang mengaku memperoleh lebih banyak keuntungan menjelang Idul Adha. Kenaikan harga sapi tidak terlalu banyak sekitar 10%. Namun sampai saat ini masih banyak pembeli yang mencari sapi kurban.

"Kalau sapi naik sekitar 10% dan alhmamdulillah tadi sudah laku 4 ekor," jawab Subur.

Menurutnya harga sapi rata-rata Rp 20 juta hingga Rp 25 juta rupiah. Selama ini dia sendiri telah menjual 25 sapinya baik di pasar maupun di rumahnya.

Sementara itu seorang pembeli kambing asal Kulonprogo Yogyakarta, Fitri (28), mengaku jauh-jauh datang untuk membeli kambing di Pasar Batoh karena hanya pasar tersebut masih buka sebelum Idul Adha datang. Selain itu, masih banyak kambing yang dijual sehingga lebih mudah memilihnya.

"Untuk kurban besok, belinya di pasar ini karena pasar yang masih buka, yang lain sudah tidak buka. Harganya tadi Rp 3,1 juta," kata Fitri seusai membeli seekor kambing.

Sumber : detiknews.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close