Presiden AS Barack Obama Undang Donald Trump ke Gedung Putih


Administrator Kabar28 2016-11-09 20:45:52 Internasional 489 kali

WASHINGTON DC,  Presiden AS Barack Obama, Rabu (9/11/2016), memberikan selamat kepada penerusnya Donald Trump dan mengundangnya ke Gedung Putih pada Kamis (10/11/2016).

Obama juga mengundang Hillary Clinton yang pernah menjadi menteri luar negerinya dan sesama kader Partai Demokrat, untuk menyampaikan kekagumannya terhadap kampanye yang sudah digelar ke seluruh penjuru negeri.

Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan, Presiden Obama akan memberikan pidato terkait hasil pemilihan presiden yang mengejutkan AS dan seluruh dunia ini.

Di Gedung Putih, Obama yang mencatat sejarah sebagai presiden pertama AS berkulit hitam, berencana untuk mendiskusikan langkah untuk kembali mempersatukan bangsa Amerika usai masa kampanye yang keras ini.

Earnest menambahkan, dalam pembicaraan hari Kamis itu, Obama dan Trump, yang sempat berseteru soal tempat kelahiran Obama, juga akan membicarakan transisi kepresidenan.

"Memastikan transisi kekuasaan adalah salah satu prioritas presiden di awal tahun baru kemudian bertemu dengan presiden terpilih," kata Earnest.

Berdasarkan penghitungan yang dilansir media ternama Washington Post, Trump telah meraih 276 electoral vote, meninggalkan rivalnya, Hillary Clinton yang meraih 218 electoral vote. Dengan perolehan ini berarti Trump telah melampaui ketentuan 270 electoral vote yang harus direbutnya untuk memenangkan pilpres.

Sumber : kompas.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close