Anies Baswedan: Universitas Perlu Kembangkan 4K


Mutiara Safitri 2017-08-14 15:32:06 Pendidikan 196 kali

Anies Baswedan (Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,-  Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan menjadi salah satu pembicara dalam Seminar Internasional bertajuk Peran Perguruan Tinggi Dalam Penguatan Pemikiran Islam Moderat di Universitas Al Azhar Indonesia, Senin (14/8).

Dalam sambutannya, Anies menyampaikan pentingnya universitas menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. ‎Pasalnya, kemampuan berpikir kritis diperlukan untuk membangun terobosan baru.

Kemudian, universitas perlu ‎meningkatkan kemampuan kaum muda agar kreatif. "Kemampuan untuk bisa membuat sesuatu yang baru, bukan sekadar imitasi dari pikiran lama atau karya orang lain, tapi kreasi dari pemikiran baru," kata Anies.

Menurut Anies, dunia hari ini sudah makin berkembang. Karena itu, perguruan tinggi perlu mengantisipasi persoalan-persoalan yang bakal muncul. "Hari ini dunia sudah berubah, karena itu perguruan tinggi harus mengantisipasi (persoalaan) besok, bukan yang kemarin," tutur Anies.

Selain kritis dan kreatif, Anies menyatakan, universitas perlu mengembangkan kemampuan komunikasi dan kerja sama. ‎"Empat K ini; kritis, kreatif, komunikasi, dan kerja sama, jadi modal membangun perguruan tinggi yang pemikirannya bukan hanya moderat, tapi juga menimbulkan makna di lingkungan sekitar," ucapnya.

Sumber : jpnn.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close