Krisis Garam, 9 Bahan Pengganti Garam untuk Lezatkan Masakan, Bubuhkan Ikan Teri


Lia Cikita 2017-07-24 14:14:34 Tips 194 kali

Ilustrasi ikan teri (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Kelezatan sebuah masakan tidak bisa dipungkiri salah satu faktornya adalah penggunaan garam sebagai bumbu pelezat makanan. Beberapa orang bahkan ada yang menyukai rasa asin yang dominan.

Namun seperti yang tengah ramai menjadi pemberitaan, selain dari beras oplosan, kelangkaan ketersedian garam berimbas pada meroketnya harga garam dapur di pasaran. Kelangkaan garam terjadi di Provinsi Jawa Timur yang notabene merupakan daerah penyuplai garam terbesar di Indonesia. Sebanyak 40 % dari kebutuhan garam Nasional disuplai dari Jawa Timur.

Kelangkaan ini yang akhirnya menyebabkan meroketnya harga garam di pasaran. Harga perbungkus yang biasa dibanderol Rp1.000 kini naik dua kali lipat menjadi Rp2.000, begitu juga dengan ukuran yang lebih besar. Mau tidak mau karena merupakan penyedap yang utama, garam pun tetap harus dibeli.

Padahal, rasa asin sebenarnya tidak hanya bisa diperoleh dari penggunaan garam. Meski tidak semaksimal dengan hanya menggunakan garam, sejumlah bahan pangan lainnya pun memiliki fungsi yang sama untuk melezatkan dan memberikan cita rasa asin sebuah masakan.

Dilansir dari Epicurious dan Health , setidaknya ada 9 bahan yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan garam pada masakan. Simak ulasannya berikut.

Keju feta

Produk susu seperti keju punya cita rasa gurih alami. Ini bisa Anda manfaatkan untuk jadi campuran pada masakan yang Anda buat. Terlebih pada keju feta yang cukup fleksibel diolah menjadi bermacam sajian lezat. Keju feta teksturnya cenderung lebih lunak, sehingga mudah berpadu jika dimasak. Seperti pasta atau sayuran tumis cocok dicampur keju feta.

Parmesan

Berbeda dengan keju feta yang memberi rasa gurih. Parmesan cocok dipadukan pada makanan dan memberi kesan gurih serta ada nuansa cheesy. Jika olahan pasta atau cream soup terasa hambar, Anda bisa menambahkan taburan parmesan sebagai penambah rasa.

Zaitun

Buah zaitun juga mampu menambah rasa gurih pada hidangan. Anda bisa memotong dadu buah zaitun hijau atau pun hitam, kemudian ditumis bersama saus. Tanpa tambahan garam pun hidangan yang Anda buat dengan zaitun ini akan lebih terasa gurih alami. Atau bisa juga segenggam zaitun direbus bersama daging, niscaya dagingnya akan terasa gurih.

Ikan teri

Tak hanya menambah rasa gurih, campuran ikan teri ke dalam hidangan juga dapat memberi kesan gurih dan lebih sedap. Bahkan pada sajian tertentu rasanya akan berpadu dan berubah jadi umami meski tanpa penggunakan MSG atau pun penyedap rasa.

Bacon

Secara alami, bacon sudah punya rasa gurih. Perlu diketahui, jika Anda menggunakan bacon sebagai lauk atau tambahan pada hidangan yang Anda buat, makanan itu tak perlu lagi diberi tambahan garam. Pasalnya bacon sudah punya rasa gurih dan akan rasanya akan menyebar jika dimasak bersamaan dengan bumbu lain. Semisal sup, saus atau makanan yang direbus.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close