Trik Cepat Mengatasi Gigi Ngilu, Mulai Kumur Air Garam hingga Kunyah Bawang Putih


Mutiara Safitri 2017-07-20 11:43:06 Tips 252 kali

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Kabar28.com,-  Saat gigi sakit sampai ngilu, Anda pasti akan merasakan kesakitan yang luar biasa. Sebelum sakitnya makin parah, segera cari obatnya dengan tips-tips berikut ini.

Sakit kepala, gusi nyut-nyutan, makan pun terasa menyiksa. Anda sedang sakit gigi, sebaiknya segera kunjungi dokter. Namun sementara itu, Anda mungkin bisa menjalani berbagai cara di bawah ini sebagai obat sakit gigi alami.

Berbagai cara yang bisa digunakan sebagai obat sakit gigi

1. Kumur air garam

Umumnya dokter gigi tidak bisa melakukan pengobatan apa pun saat gigi masih bermasalah. Satu-satunya yang bisa Anda lakukan saat ini adalah menggunakan obat sakit gigi sampai akhirnya gigi Anda bisa ditindak oleh dokter. Nah, coba kumur dengan air garam sampai Anda merasa nyeri sudah sedikit membaik.

Larutkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air (240 ml), dan kumur selama beberapa saat. Sebelum berkumur, Anda juga bisa lakukan flossing untuk mengeluarkan sisa makanan yang mengganjal di sekitar area gigi yang sakit.

2. Kunyah bawang putih

Saat terkoyak oleh gigi, bawang putih akan melepaskan allicin, substansi berminyak alami yang berfungsi sebagai pelawan penyakit.

3. Kompres es batu

Masukkan es batu dalam plastik kecil, bungkus dengan kain tipis, dan tempelkan langsung pada gigi yang ngilu selama 15 menit untuk mengebaskan saraf gigi. Atau Anda bisa tempelkan kompres es di pipi Anda, di daerah gigi yang sakit.

Ada satu trik menarik lain yang bisa Anda coba jika ingin menggunakan es batu sebagai obat sakit gigi. Pijat punggung tangan Anda dengan kompres es batu. Saraf di jari-jari Anda akan mengirimkan sinyal “dingin” yang mungkin akan menimpa sinyal rasa sakit dari gigi Anda.

(Catatan: pijat tangan di sisi yang sama dengan gigi yang ngilu, dan berikan tekanan di area antara jempol dan telunjuk.)

4. Hidrogen peroksida 3%

Hidrogen peroksida adalah pembasmi bakteri yang ampuh dan terbukti khasiatnya sebagai obat sakit gigi.

Kumur dengan larutan hidrogen peroksida 3% untuk meringankan rasa ngilu di gigi yang diikuti oleh demam dan bau mulut (tanda-tanda infeksi), tapi jangan lupa untuk mencampurnya dengan sedikit air. Larutan ini bisa melukai mulut dan gusi jika digunakan dalam bentuk murni.

Kumur kemudian buang, lalu bilas mulut Anda dengan air putih.

5. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh adalah obat tradisional yang sudah lama digunakan sebagai obat sakit gigi. Minyak ini disinyalir bisa membantu “mematikan saraf” karena senyawa kimia utama yang terkandung dalam rempah ini adalah eugenol, anestesi alami.

Tapi, berhati-hati dalam menggunakan minyak cengkeh. Sembarangan menuang minyak cengkeh di mulut, bisa-bisa rasa sakit akan semakin parah jika minyak tersebut menetes ke lidah atau gusi Anda yang sensitif.

Tuangkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas dan tempelkan di gigi yang bermasalah sampai rasa sakit mereda. Alternatifnya, Anda bisa gunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh dan tempelkan di gigi yang sakit.

6. Obat-obatan

Dapatkan obat-obatan pereda nyeri yang dijual bebas di apotek, misalnya acetaminophen untuk anak atau ibuprofen untuk orang dewasa. Jika Anda menggunakan aspirin, jangan tempelkan tablet di gigi atau gusi yang sakit, langsung telan obat tersebut. Menahan aspirin dalam mulut bisa melukai bagian dalam mulut. Baca berita selengkapnya di sini.

Sumber : okezone.com

 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close