Tips agar Ibu Hamil Nyaman Selama Perjalanan Arus Balik


Mutiara Safitri 2017-07-01 21:21:38 Tips 239 kali

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Kabar28.com,- Kondisi hamil memerlukan perhatian ekstra. Ibu hamil tidak boleh terlalu letih karena akan berdampak langsung kepada jabang bayi yang dikandungnya. Tak hanya itu asupan makanan yang bergizi dan gaya hidup yang sehat juga akan menentukan kesehatan keduanya.

Ibu hamil tidak dilarang mengarungi perjalanan jauh. Bila kesehatannya dirasa masih kuat, tidak ada masalah yang harus dikhawatirkan. Namun, mungkin ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan sangat teliti bagi Anda yang mudik tapi saat hamil.

Seperti yang diutarakan Dokter Spesialis Kedokteran Olaharaga dr Rachmad Wishnu Hidayat. Ibu hamil tidak bisa diperlakukan sama dengan manusia biasa. Saat perjalanan arus balik, kesehatan menjadi perhatian utama.

’’Bila di kampung halaman ibu hamil malah menurun kesehatannya, sebaiknya menunda perjalanan pulang sampai kesehatan ibu hamil kembali pulih,’’ kata dr Wishnu.

Dia melanjutkan, bila kondisi kesehatan sudah sehat, sebaiknya makanan sebelum keberangkatan pulang perlu dijaga dengan baik. Jangan mengonsumsi makanan yang malah meningkatkan risiko penyakit. Nutrisi tambahan seperti susu juga jangan sampai dilupakan.

Karena ibu hamil biasanya gampang ingin buang air kecil dan selalu lapar, ada baiknya persiapkan dua hal tersebut dengan baik. ’’Untuk yang sering buang air kecil, sebisa mungkin ibu hamil tidak mengonsumsi kafein berlebih sebelum perjalanan mudik balik dilakukan,’’ sambungnya.

Begitu juga dengan perlu banyak makanan. Ada baiknya membawa bekal yang nantinya bisa dimakan di tengah perjalanan. Terkait dengan makanan, dr Wishnu menjelaskan, jangan bawa camilan yang tidak bergizi. Pilih makanan yang baik untuk kesehatan ibu dan anak di dalam kandungan.

Sangat tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam atau bahkan penyedap rasa. Selalu sedia obat-obatan di mobil juga penting untuk diperhatikan. Istirahat yang cukup juga jangan sampai dilupakan.

Menurut Dr Wishnu, bila ibu hamil di tengah perjalanan merasa ngantuk, jangan ragu untuk tidur. Jangan sekali-kali menahan kantuk malah dengan mengonsumsi kopi. ’’Kalau ibu hamil ngantuk, obatnya, ya, tidur. Tidak ada yang lain,’’ papar dia.

Sumber : okezone.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close