Mahasiswa Buat Pupuk dari Limbah Ikan Layang


Lia Cikita 2017-06-13 10:04:09 Pendidikan 253 kali

Ilustrasi ikan layang (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com, - Problema atau permasalahan tak jarang justru menghadirkan ide kreatif yang solutif dan inovatif. Seperti melimpahnya limbah cair dari pengolahan ikan layang yang bisa menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.

Persoalan itu membawa empat mahasiswa asal Malang membuat inovasi memanfaatkan limbah ikan tersebut jadi mikroalga yang bisa disulap menjadi pupuk alternatif yang ramah kantong bernama BioFeLa.

Mahasiswa kreatif tersebut antara lain Shilvia Astryanti, Okki Putriani, Arulia Zalni, dan Imanuddin Nur Rahman dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur.

Selain ramah di kantong, pengolahan ikan layang terlebih dahulu melewati berbagai macam tahap filtrasi dan fermentasi limbah. Hal itu dilakukan agar tercipta produk pupuk organik mikroalga yang juga ramah lingkungan, demikian dilansir dari laman UB, Selasa (13/6).

Harga pupuk yang terbilang mahal yakni berkisar antara Rp500 hingga Rp1000 per mili tersebut juga menjadi alasan mengapa BioFela diciptakan. Apalagi jika mengingat bahwa limbah perikanan khususnya ikan layang melimpah di kawasan Jawa Timur.

Dengan adanya BioFeLa tersebut, mereka berharap produknya bisa mengurangi kadar limbah perikanan dan juga berkontribusi dalam memberikan pupuk yang ramah kantong dan juga lingkungan.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close