HUT Sumsel ke-71, Momentum Menggelorakan Kembali Semangat Sriwijaya


Redaksi Kabar28 2017-06-12 11:55:05 Advertorial 1066 kali

Wakil Gubernur Sumsel didampingi Unsur Pimpinan DPRD Sumsel saat Pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa XIII DPRD Provinsi Sumsel dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-71 Provinsi Sumsel tahun 2017 di Ruang Rapat Paripurna, Jum'at (19/05/17). (Foto: Ardhy)

PALEMBANG, Kabar28.com,- Melalui puncak peringatan hari jadi yang ke-71 tahun, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengajak semua lapisan masyarakat menggelorakan kembali semangat kejayaan Sriwijaya dalam setiap pemikiran, ucapan dan tindakan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Gubernur Sumsel, H. Ishak Mekki dalam sambutannya pada Rapat Paripurna Istimewa XIII DPRD Provinsi Sumsel dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-71 Provinsi Sumsel tahun 2017 di Ruang Rapat Paripurna, Jum'at (19/05/17).

Menurut Ishak, perjalanan panjang Sumsel tidak terlepas dari sejarah yang melekat dengan kebesaran Kerajaan Sriwijaya. Masyarakat Sumsel harus menyadari bahwa kejayaan dan kebesaran Kerajaan Sriwijaya menjadi sebuah inspirasi dan motivasi untuk menjadikan Sumsel sebagai provinsi terdepan yang mampu memberikan pengaruh positif terhadap kemajuan bangsa Indonesia serta berkontribusi nyata untuk dunia internasional.

"Kerajaan Sriwijaya memberikan energi tersendiri, membawa Sumatera Selatan terus menjadi provinsi yang maju dan terdepan, seperti yang sudah tercantum dalam visi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah 2005-2025 yakni Sumatera Selatan unggul dan terdepan 2025,” ungkapnya.

Lanjut Ishak, ke depan Sumsel akan mendapati tantangan yang tidak ringan, apalagi dalam waktu satu tahun ke depan, setidaknya ada tiga hal penting yang akan dihadapi yakni pelaksanaan Pemilukada Serentak 9 Bupati/Wali kota serta pemilihan Gubernur, pelaksanaan Asian Games ke-18, dan di tahun 2018 juga merupakan tahun terakhir dari pelaksanaan RPJMD 2013-2018.

"Semua itu dibutuhkan komitmen yang tinggi dan kerja keras semua unsur demi mencapai target-target yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu, saya mengajak segenap kekuatan pembangunan dari berbagai kalangan baik akademisi, dunia usaha, pemerintahan, legislatif, yudikatif, partai politik, tokoh masyarakat dan agama, serta ormas-ormas lainnya agar dapat membulatkan tekad dan semangat, bekerja keras dan berkarya lebih baik lagi, menjaga nilai-nilai kebersamaan dan perdamaian, demi mencapai prestasi terbaik mewujudkan Sumatera Selatan menjadi provinsi yang sejahtera, maju dan berdaya saing internasional," jelas Wagub Ishak.

Sementara itu, saat ditemui Ketua DPRD Sumsel, Giri Ramanda Kiemas juga mengajak semua pihak untuk menjadikan moment Hari Jadi Sumsel ke-71 ini sebagai wahana melakukan evaluasi terhadap capaian pembangunan Sumsel hingga saat ini serta terus meningkatkan komitmen bersama membangun Sumsel semakin baik lagi ke depannya.

"Peringatan ini merupakan momen penting, tidak hanya sebagai wahana untuk melakukan evaluasi terhadap perjalanan panjang berdirinya provinsi Sumsel, tetapi juga sebagai batu pijakan untuk kembali menetapkan dan memantapkan cita-cita yang sudah disepakati bersama, yakni mensejahterakan masyarakat," ajak Giri.

Rapat ini dipimpin langsung Ketua DPRD Sumsel H. M. Giri Ramanda dan dihadiri wakil Gubernur Sumsel, H. Ishak Mekki, Ketua DPRD Lampung, Ketua DPRD Riau, Bupati dan Wali Kota serta Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Sumsel dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumsel.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan terkait Perda Provinsi Sumsel Nomor 9 tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah tahun 2013-2018 ditetapkan visi untuk menjadikan "Sumatera Selatan Sejahtera, Lebih Maju dan Berdaya Saing Internasional". Berkat kerja keras dan dukungan seluruh masyarakat Sumsel di 17 Kabupaten/Kota, visi tersebut sudah mulai terwujud yang diantaranya;

Pertama; Sumsel sejahtera dapat dilihat dari berbagai pencapaian antara lain pertumbuhan ekonomi mencapai 5,03 persen di tengah kondisi ekonomi nasional dan internasional yang sulit, angka ini lebih baik dari nasional yang tumbuh 5,02 persen. Sumsel juga berhasil menurunkan kesenjangan ekonomi di masyarakat, yang ditandai dengan Indeks Gini mencapai 0,34 jauh lebih baik dari nasional yaitu 0,4.

Persentase penduduk miskin di Sumsel pada September tahun 2016 mengalami penurunan menjadi 13,39 persen dari 13,77 persen pada September 2015. Tingkat pengangguran terbuka juga menurun secara signifikan menjadi 4,31 persen dari 6,07 persen pada tahun 2015. Hal ini membuktikan pembangunan Sumsel telah berhasil memperluas kesempatan bekerja.

Kedua; Sumsel lebih maju dapat dilihat secara nyata antara lain pada pembangunan infrastruktur strategis yang diantaranya, Light Rail Transit (LRT), pembangunan Jalan Tol Palembang-Inderalaya (Palindra), jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapal Betung), Jalan Tol Pematang Panggang – Kayuagung, pembangunan flyover Simpang Bandara dan Simpang Keramasan, Jembatan Musi IV dan VI, Bendungan Tigadihaji/Komering II.Pembangunan infrastruktur tersebut didanai melalui berbagai sumber antara lain Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), APBN, dan APBD Provinsi Sumsel.

Selain itu, Sumsel terus membangun Sumber Daya Manusia yang unggul melalui program sekolah gratis, kuliah gratis, dan program berobat gratis. Hasilnya terlihat dari IPM yang nilainya 68,24 atau mencapai kategori sedang. Pada sektor pertanian, Sumsel surplus padi 2,56 juta ton dan menjadi penyumbang kelima terbesar produksi padi di Indonesia.

Ketiga; Sumsel berdaya saing internasional dapat dilihat dengan banyaknya event-eventinternasional yang diselenggarakan antara lain: SEA Games 2011, Islamic Solidarity GamesTahun 2013, Asean University Games 2014, The 1st Asia Bonn Challenge High Level Meeting 9-10 Mei lalu, hingga pelaksanaan Asian Games Tahun 2018 yang akan datang. Event tersebut merupakan bukti nyata kary, sumbangsih dan peran serta Sumsel untuk Indonesia. Dimana melalui kegiatan berskala internasional tersebut, sudah menjadikan Sumsel tujuan investasi di berbagai bidang. (adv/ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close