Punya Banyak Gula Merah di Rumah, Simak Tips Cerdas Menyimpannya


Mutiara Safitri 2017-04-08 19:31:19 Tips 206 kali

Gula Merah (Foto : Istimewa)

Kabar28.com,-  Gula termasuk bahan pangan yang hampir dimiliki semua dapur rumah. Selain gula pasir, jenis gula merah juga jadi stok bahan baku di rumah. Jika punya banyak stok gula merah di rumah, simak tips cerdas cara menyimpannya agar gula awet dalam jangka waktu lama.

Gula merah termasuk bahan baku yang rentan rusak jadi diperlukan cara menyimpan yang benar agar stok gula merah bisa bertahan lama tanpa mengurangi kualitasnya.Berikut cara cerdas simpan gula merah di dapur rumah Anda.

Simpan dalam wadah tertutup

Istilah ada gula ada semut memang benar adanya, dimana ada gula berceceran maka akan hadir semut yang mengerubung. Jadi daripada stok gula merah jadi santapan semut, sebaiknya simpan di dalam wadah tertutup kedap air dan udara. Jika perlu, taruh wadah di atas cawan air agar semut tidak bisa menghampiri gula.

Simpan di suhu ruang

Gula tidak perlu disimpan dalam lemari es namun tidak boleh juga terkena panas matahari langsung. Gula merah rentan meleleh jika terkena panas dan merusak kualitasnya. Jangan takut gula akan expired karena secara alami gula adalah bahan pangan yang awet dan bisa mengawetkan makanan.

Jauhkan dari api

Meskipun gula disimpan dalam dapur, tapi usahakan menjauhkan gula dari dekat kompor. Gula bisa meleleh dengan cepat jika terkena panas, apalagi jenis gula merah yang lebih sensitif. Jika gula sudah meleleh sedikit maka tidak akan bisa mengeras kembali kecuali dibekukan.

Sumber : okezone.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close