Hari Terakhir UNBK, Banyak Soal Ujian Tidak Nongol


Mutiara Safitri 2017-04-06 19:51:47 Pendidikan 215 kali

Retno Listyarti (Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,-  Hari terakhir ujian nasional (UN) masih diwarnai masalah. Bahkan, masalahnya lebih parah karena soal ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tidak keluar di layar komputer. Menurut ‎Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti, pihaknya mendapatkan laporan dari daerah yang melaksanakan UNBK bahwa banyak soal tidak keluar. "Jadi pas login, soalnya tidak keluar. Kasus ini terjadi untuk beberapa mata pelajaran," kata Retno kepada JPNN, Kamis (6/4).

Saat ini, Retno mengungkapkan, FSGI tengah menyusun mata uji kejuruan apa saja yang soalnya banyak tidak muncul. Pasalnya, karena kasus tersebut siswa terpaksa harus melakukan ujian susulan 18 April. "Ini akan membebani psikologis siswa. Yang lainnya sudah selesai UNBK, lainnya masih ujian lagi. Saya khawatir ini akan menyurutkan semangat bela‎jar siswa," terangnya.

Koodinator Posko Pengaduan UNBK 2017 Kemendikbud Ari Santoso‎ mengatakan, untuk kasus gagal login, ada ketentuan bila saat restart memakan waktu 30 menit, ujian bisa lanjut. Bila restart-nya memakan waktu lebih dari 30 menit, maka digeser jam pelaksanaannya. Untuk kasus soal yang tidak muncul, menurut Ari sudah dikoordinasikan dengan Diknas provinsi. "Kami masih menunggu laporan dari daerah," kilahnya. 

Sumber : jpnn.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close