DPR Berharap UN Tahun Ini Lebih Baik


Mutiara Safitri 2017-04-03 21:52:46 Pendidikan 196 kali

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,-  Wakil Ketua Komisi X DPR Sutan Adil Hendra berharap pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun ini berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya. Paling tidak, ditandai dengan tidak adanya kecurangan dan seluruh pelajar dapat menyelesaikan soal-soal ujian dengan baik.

"Saya berharap UN kali ini berjalan tanpa adanya kecurangan, berjalan dengan lancar, dan seluruh pelajar mendapatkan hasil yang terbaik," ujar Sutan di sela-sela rapat Panitia Kerja (Panja) RUU Sistem Perbukuan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (3/4)

Sutan mengingatkan agar para siswa dapat meraih nilai yang baik, perlu meningkatkan konsentrasi. Karena hanya dengan demikian soal-soal ujian yang ada dapat diselesaikan dengan sempurna.

Apalagi UN kali ini berbasis komputer, tentu membutuhkan kecermatan dan ketelitian."Fokus diperlukan dalam mengerjakan soal ujian menggunakan komputer, berbeda dengan kertas. Pengalaman tahun kemarin, jika terlalu lama mengerjakan soal, siswa akan kehabisan waktu," ucap Sutan.

Selain itu, anggota dewan dari Fraksi Partai Gerindra ini juga berharap para siswa menghindari praktik-praktik kecurangan dalam UN. 
Misalnya mencontek, karena hal itu merupakan sikap mental yang tidak baik. "Jadi, perbuatan mencontek teman dalam menjawab soal itu sangat tidak baik. Apalagi akibatnya, akan membuat waktu terbuang sia-sia," tukas Sutan.

Sebagaimana diketahui, ujian nasional tingkat SMK/MAK digelar serentak di seluruh Indonesia, Senin (3/4) hingga Kamis (6/4) mendatang. Sementara UN untuk tingkat SMA/MA direncanakan akan dilaksanakan pada 10-13 April mendatang.

Sumber : jpnn.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close