Telur Ayam yang Gurih Enak Ternyata Punya 10 Fakta Menarik Ini


Lia Cikita 2017-03-31 19:38:21 Opini 169 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com, - Rasanya gurih enak membuat telur digemari banyak orang. Apalagi mudah diolah jadi beragam variasi. Telur juga punya fakta menarik yang patut diketahui.

Beragam variasi lauk dan kue bisa dibuat dari telur. Telur mengandung lebih dari 90% kalsium dan zat besi, sementara pada kuning telur terdapat 6 gram protein berkualitas tinggi disertai 9 asam amino esensial.

Selain fakta nutrisi yang mengagumkan dari sebutir telur, dilansir dari Grunge (17/3) ada fakta-fakta menarik soal telur yang belum diketahui banyak orang.

1. Pertumbuhan tubuh

Banyak penggiat olahraga dan binaragawan mengonsumsi telur sebagai menu rutin. Hal ini karena telur mengandung banyak protein sehat yang dapat membantu pertumbuhan tubuh. Telur juga mengandung vitamin D yang jarang ditemukan di makanan lainnya, selain dari matahari.

2. Rekor dunia

Walau normalnya telur memiliki banyak variasi ukuran, tapi pada tahun 2010, seekor ayam berumur enam bulan bernama Harrier, mengeluarkakan telur terbesar di dunia. Berukuran 9,1 inci hampir dua kali rata-rata dari ukuran telur biasa.

3. Produksi telur

Jarang diketahui bahwa ayam betina akan tetap bertelur tanpa peran ayam jantan. Dalam perternakan modern, ayam akan menghasilkan lebih dari 300 telur per tahun tanpa harus berhubungan dengan ayam jantan.

4. Pengaruh lingkungan

Tidak ada yang berkerja dengan baik ketika dalam kondisi lelah, dan hal ini berlaku juga untuk ayam. Ketika ayam merasa terancam dari hewan pemangsa yang berada disekitar lingkungannya, ayam akan cenderung stres dan menghasilkan jumlah telur yang lebih sedikit. Itu sebabnya ayam harus dalam kondisi tenang, untuk mendapatkan telur kualitas terbaik.

5. Koampetisia makan telur

Menurut Major League Eating, organisasi yang mengawasi kompetisi makanan profesional, pada tahun 2013, seorang pria bernama Joey 'Jaws' Chestnut dipercaya berhasil makan 141 buah telur hanya dalam waktu 8 menit saja.

Sumber : detiknews.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close