Ramai Isu Penculikan Anak, Guru Diminta Perketat Pengawasan Sekolah


Mutiara Safitri 2017-03-31 15:32:02 Pendidikan 152 kali

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Sampit, Kabar28.com, -  Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mengimbau seluruh sekolah memperketat pengawasan terhadap siswa sebagai bentuk perlindungan terhadap kejadian yang tidak diinginkan. "Imbauan itu disampaikan melalui surat resmi yang dikirim ke seluruh sekolah. Ini hanya untuk kembali mengingatkan supaya kita waspada, termasuk terhadap kejahatan penculikan anak," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Aspannur di Sampit, Jumat (31/3/2017).

Isu penculikan anak juga merebak di Kabupaten Kotawaringin Timur sehingga membuat masyarakat resah. Bahkan beredar informasi adanya upaya penculikan salah satu pelajar Sekolah Dasar di Sampit namun gagal karena sang anak sempat memberontak.

Terlepas benar atau tidak kabar tersebut, kata Aspannur, pesan yang dapat diambil adalah agar orangtua lebih waspada dalam menjaga anak. Pihak sekolah juga mempunyai tanggung jawab besar, khususnya selama anak masih berada di lingkungan sekolah. Pihak sekolah diminta memperketat pengawasan, salah satunya dengan mengoptimalkan petugas keamanan sekolah. Siswa disarankan tidak bermain ke luar lingkungan sekolah agar mudah terpantau.

Selama jam pelajaran berlangsung, pagar sekolah diharapkan ditutup sehingga terpantau jika ada tamu yang datang. Kewaspadaan ini diperlukan karena kejahatan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

"Tapi orangtua juga harus lebih perhatian. Kalau anaknya menelepon minta jemput pulang sekolah, langsung saja jemput. Saya sering memperhatikan, banyak anak yang menunggu di pinggir jalan karena lama baru dijemput orangtuanya. Kalau guru harus ikut menunggu terlalu lama, kasihan juga," kata Aspannur.

Kewaspadaan perlu ditingkatkan, khususnya bagi anak yang masih duduk di Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak. Di usia tersebut, anak-anak belum terlalu mengerti sehingga sangat rawan menjadi sasaran tindak kejahatan.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close