4 Makanan yang Selalu Jadi Santapan saat Upacara Adat di Indonesia


Mutiara Safitri 2017-03-28 12:35:48 Olahraga 599 kali

Gulai Ikan Gadang (Foto : Istimewa)

Kabar28.com,-  Kekayaan tradisi dan budaya membuat Indonesia memiliki ragam keunikan, misalnya pada upacara adat yang digelar di setiap daerah. Inti dari upacara adat memang sama yakni menunjukkan rasa syukur tetapi cara dan makanan yang dihadirkan cukup beragam dan unik di setiap daerahnya.

Kearifan lokal ini memiliki daya tarik sendiri, selain untuk mengundang wisatawan, upacara adat juga jadi ajang icip-icip makanan yang tak bisa ditemui di hari biasa. Dilansir dari berbagai sumber, Okezone rangkum 4 makanan yang selalu jadi santapan saat upacara adat masyarakat Indonesia, Selasa (28/3/2017).

Babi guling, Bali

Babi guling dikenal sebagai salah satu makanan khas Bali. Untuk membuat babi guling, babi yang digunakan adalah babi muda yang dibiarkan utuh. Sebagai penambah kelezatan, berbagai bumbu dan sayuran turut disertakan dengan cara diisi ke dalam bagian perut babi. Cara memasaknya adalah dengan dipanggang sambil diputar dan digulingkan, ini sebabnya disebut babi guling. Saat upacara adat atau hari besar keagamaan, babi guling jadi makanan yang pasti ada baik untuk sesajen maupun sebagai makanan.

Daging kerbau, Batak dan Toraja

Bagi masyarakat Batak di Sumatera Utara dan masyarakat Toraja di Sulawesi Selatan, kerbau adalah binatang berharga. Dalam upacara adat, kerbau acap kali jadi olahan hidangan yang diburu banyak orang. Menghadirkan masakan kerbau pada upacara adat juga menjadi tanda status sosial seseorang. Bagi masyarakat Batak, kerbau harus ada di tengah upacara adat Manulangi Nata Tua yakni upacara khusus yang dilakukan orang tua ketika mereka sudah bercucu dan menginjak masa tua.

Kolo, Manggarai Nusa Tenggara Timur

Masyarakat di kabupaten Manggarai punya masakan khas yang selalu jadi hidangan spesial saat menggelar upacara adat. Makanan ini disebut kolo, yang tak lain adalah nasi yang dibakar di dalam bambu dan diberi berbagai bumbu khas. Kolo selalu jadi santapan masyarakat saat makan bersama di pesta adat Penti yakni syukuran akan hasil panen dan pergantian tahun

Gulai Ikan gadang, Sumatera Barat

Ada makanan yang selalu hadir pada upacara pernikahan, syukuran, turun mandi dan batagak gala yang dilakukan masyarakat Sumatera Barat. Gulai ikan gadang adalah olahan gulai yang dibuat dengan menggunakan ikan berukuran besar yang tidak dipotong-potong. Saat upacara berlangsung, gulai ini disantap secara bersama-sama atau dalam istilah daerahnya disebut makan bajamba.

Sumber : okezone.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close