Masak Ikan Kudu-Kudu Goreng di Rumah, Simak Tipsnya Dulu


Mutiara Safitri 2017-03-25 20:33:42 Olahraga 362 kali

Ikan Kudu-Kudu (Foto : Istimewa)

Kabar28.com,- Varian ikan asal Makassar sangat banyak jumlahnya, beberapa jenis bahkan hanya ada di perairan laut Kota Daeng ini, salah satunya ikan kudu-kudu. Jika berkesempatan mengolahnya di rumah, perhatikan beberapa hal penting.

Memasak ikan kudu-kudu berbeda dengan ikan jenis lainnya. Ini dikarenakan bentuk dan struktur daging ikan ikan ini berbeda dengan ikan lainnya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips olah ikan kudu-kudu asal hasilnya lezat dan nikmat, Sabtu (25/3/2017).

Belah bagian perutnya

Ikan kudu-kudu memiliki tekstur kulit yang keras seperti cangkang sehingga untuk mendapatkan dagingnya maka harus membelah. Setelah dibelah, daging ikan baru bisa diambil untuk diolah dengan cara digoreng atau dibakar. Jangan langsung membuang kulit ikan karena bentuknya yang unik seperti mangkuk bisa dimanfaatkan sebagai wadah saat menyajikan ikan.

Hati-hati saat membersihkan

Bentuk ikan kudu-kudu sekilas memang mirip ikan buntal namun keduanya berbeda. Ketika membersihkan ikan ini usahakan untuk berhati-hati karena jika empedu ikan pecah maka rasa dagingnya pahit dan tak enak dimakan. Selain itu saat proses pencucian jua harus perlahan pasalnya daging ikan kudu-kudu punya tekstur lembut yang mudah hancur.

Masak dengan berbagai teknik

Teknik memasak ikan kudu-kudu yang paling populer adalah digoreng dan dibakar. Varian yang digoreng biasanya ikan dipotong kecil-kecil kemudian dibalur tepung terigu kemudian digoreng hingga matang. Sementara untuk olahan bakar, cukup bakar bagian daging ikan sambil diolesi bumbu hingga matang.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close