Ragi Berhenti Bekerja pada Adonan Roti saat Mulai Dipanggang


Mutiara Safitri 2017-03-23 21:39:41 Olahraga 197 kali

Proses Pemanggangan Ragi (Foto : Istimewa)

Kabar28.com,- Pernah makan roti yang diolah dengan ragi kemudian membayangkan bagaimana ragi saat masuk ke dalam tubuh manusia, mengingat ragi adalah jamur yang bisa berkembang.

Ragi memang mahluk hidup berupa jamur yang bisa berkembang biak, tapi tidak pada roti. Dijelaskan Luvita, ragi yang dicampur pada adonan roti akan mati selama proses pemanggangan. Jadi jangan terus berkhayal jika ragi terus berkembang di dalam perut dan membuat perut membuncit.

“Di suhu 40 derajat dia akan mati, jadi siklusnya ragi dalam adonan roti cukup singkat. Sebelum digunakan, ragi posisinya sedang tidur lalu akan bangun saat proses pencampuran bahan. Dan akan bekerja maksimal saat adonan diistirahatkan atau proofing. Nanti pas dipanggang, ragi mati total. Jadi kita enggak makan bakteri atau jamur,” terang Luvita.

Suhu ideal pemanggangan roti adalah sekitar 180 hingga 200 derajat Celsius dan suhu ini sudah dalam kategori sangat panas. Artinya suhu ini sudah bisa mematikan ragi, jamur dan bakteri. “Pas dipanggang pasti mati, bukan koma atau pingsan,” canda Luvita menutup percakapan.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close