Bagi Pasien Penyakit Kronis, Jangan Abaikan Luka Sekecil Apapun Ya


2017-03-11 18:15:20 Kesehatan 228 kali

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,- Pasien penyakit kronis seperti diabetes juga bisa mengalami luka. Ketika luka yang dialami terkesan kecil, jangan disepelekan. Sebab, ketika tak ditangani dengan tepat luka yang terkesan sepele itu bisa berisiko bagi keseahatan.

Terkait hal ini, dr Adisaputra R CWSP, FACCWS, mengatakan penanganan luka di Indonesia hanya dikerjakan berdasarkan pengalaman penglihatan. Sehingga luka sering disepelekan dan dianggap sebagai hal kecil.
"Penangann kita di Indonesia agak kurang. Sehingga saat luka sudah menjadi kronis dan diharuskan amputasi maka pasien tersebut akan menjadi difabel, kemudian secara ekonomi akan menjadi tanggungan keluarga dan negara," ucap dr Adi.

Hal itu ia sampaikan dalam Konferensi Pers Indonesia Wound Summit 2017 di Hotel Double Tree, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (11/3/2017). Selain itu, mengutip sebuah hasil studi, dr Adi menyampaikan bahwa kematian pasien diabetes dan vaskularisasi yang menjalani amputasi meningkat dalam lima tahun.

"Studi melihatkan meningkatnya angka kematian tersebut dibandingkan pada kanker limfoma, prostat dan payudara. Hal ini karena luka dianggap hal yang sepele," sambung dokter yang praktik di RS Pantai Indah Kapuk.

Lebih lanjut, dr Adi menjelaskan bahwa luka merupakan rusaknya jaringan kulit yang diakibatkan oleh trauma. Sementara, luka kronis adalah luka yang penyembuhannya terhambat karena ada penyakit yang mendasari.
"Luka kronis biasanya mudah ditemukan pada pasien diabetes atau pasien vaskularisasi atau gangguan pembuluh darah. Kemudian pada pasien yang harus bedrest atau berbaring total," pungkas dr Adi.

Sumber : detik.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close