Ini Cara Benar Simpan Apel Hingga Tepung Terigu


Lia Cikita 2017-03-08 13:29:19 Tips 247 kali

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  - Tak asal disimpan. Tiap jenis makanan punya cara simpan agar terjaga kesegaran dan kualitasnya.

Tidak semua makanan bagus disimpan dalam kulkas. Ada yang justru jadi manis di suhu ruangan dan asam saat disimpan di kulkas. Menurut laporan Oregon State University seprti diberitakan okeh msn.com (23/2/17) berikut ini cara tepat untuk sayur dan buah.

1. Apel

Apel lmsebaiknya disimpan dalam suhu kamar. Tapi jika Anda ingin buah enak ini bertahan lama, simpanlah di kulkas, lebih baik di laci buah dalam kulkas.

Jika Anda menaruhnya dalam suhu hangat, apel akan cepat busuk hanya dalam beberapa hari. Jika di kulkas, apel dapat bertahan berminggu-minggu.

2. Tepung

Tepung akan tetap segar dan dapat digunakan jika ditempatkan dalam wadah metal, kaca atau plastik kedap udara. Dibanding membiarkannya di kantung plastik dari toko.

Tepung butuh waktu lebih lama hingga basi dibanding banyak makanan lain, tapi proses tersebut bisa lebih cepat jika tak terlindungi. Apalagi pada tepung gandum, lebih baik simpan di kulkas untuk memperlambat proses oksidasi.

3.Buah

Saat buah seperti apel dan raspberry bagus disimpan di kulkas. Ada juga buah yang butuh dimatangkan dahulu di suhu ruang sebelum disimpan di kulkas seperti alpukat.

Dan sebaiknya jangan simpan sayuran dan buah bersama karena mereka mengeluarkan gas yang berbeda dan dapat membuat busuk buah yang lain.

4.Kentang

Kentang butuh disimpan di tempat kering, sejuk dan gelap agar tetap segar. Tapi kentang tidak bagus disimpan di kulkas, karena bila terlalu dingin pati di kentang berubah menjadi gula. Konversi ini membuat kentang terasa sangat manis dan berwarna kehitaman.

5.Bawang

Bawang butuh disimpan dalam tempat kering, gelap, dan sejuk serta bersirkulasi udara cukup. Sebaiknya jangan disimpan dekat kentang meskipun kedua makanan itu disimpan dalam kondisi serupa.

Bawang dan kentang lembab dan menghasilkan gas yang dapat menyebabkan keduanya busuk lebih cepat.

Sumber : detik.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close