Hari Gini Belajar Bahasa Asing Pakai Metode Hafalan?


Lia Cikita 2017-03-03 16:22:33 Pendidikan 256 kali

Ilustrasi Balajar Bahasa Inggris (Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  - Banyak cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris siswa di sekolah.

Tidak hanya dengan memberikan pelajaran bahasa inggris, tapi juga melalui kegiatan kegiatan seni dan sastra lain.

"Selama ini metode pengajaran bahasa asing seperti bahasa inggris terlalu teoritis. Siswa dipaksa untuk menghafal kosa kata dan artinya. Akibatnya, siswa bosan dan membenci pelajarannya," kata pengamat pendidikan Robertus Budi Setiono‎ di sela-sela teatrikal dan drama Very Shakespeare yang dipentaskan siswa-siswi SMP Global Sevilla di Erasmus Huis.

Robertus yang juga direktur Global Sevilla School ini‎ menambahkan, metode pembelajaran bahasa asing perlu diubah agar siswa merasa enjoy.

Salah satunya adalah lewat kegiatan seni (teatrikal dan drama).

Siswa diminta mempelajari sastra Inggris kemudian mementaskan dalam drama.

"Dengan bermain drama, siswa akan lebih berinteraktif. Contohnya siswa SMP di Global Sevilla School Puri Indah, kami beri project untuk membahas sastra Inggris. Mereka pilih ‎empat‎ karya Shakespeare yang ditampilkan dalam bentuk teatrikal dan puisi," terang Robertus.

Shakespeare adalah karya sastra Inggris yang berat, tapi‎ terasa ringan karena dimainkan dalam bentuk drama, teatrikal, dan puisi.

Ada lima judul karya Shakespeare yang dibawakan 100 siswa, yaitu Romeo and Juliet, The Tempest, Macbeth, A Midsummer Night's Dream, dan The Merchant of Venice.

Menariknya, para siswa ini yang menyusun naskah dan skenarionya dibantu guru pembimbing.

Mereka juga yang mengatur kostum serta make up.

‎"Program ini merupakan salah satu program dari English Literature, di mana siswa belajar untuk mengartikan, memahami makna dari karya Shakespeare. Selain itu siswa juga belajar untuk mengintrepertasikan dalam bentuk karya drama," pungkasnya.

Sumber : jpnn.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close