Menggoreng agar Renyah Tidak Perlu Deep Fry, Ini Triknya


Mutiara Safitri 2017-02-25 17:01:15 Tips 224 kali

Ilustrasi Menggoreng (Foto : Istimewa)

Kabar28.com,- Teknik deep fry atau menggoreng dalam minyak banyak memang membuat makanan terasa lebih renyah dan lezat. Masalahnya, tidak semua orang memiliki alat canggih deep fry layaknya di dapur restoran. Tapi tenang, ada solusinya.

Dengan bermodal panci, penjepit makanan dan saringan kawat, Anda bisa memasak makanan dengan teknik deep fry. Apa saja langkahnya?

Pilih minyak yang tepat

Memasak dengan teknik deep fry membutuhkan minyak banyak dan juga punya titik didih yang tinggi. Rekomendasi pilihannya adalah minyak kacang, minyak kedelai dan minyak biji bunga matahari. Minyak ini memiliki titik panas yang tinggi sehingga aman digunakan untuk memasak ala deep fry.

Manfaatkan panci

Modal utama untuk menggoreng dengan teknik deep fry adalah panci. Pastikan panci memiliki tinggi yang cukup untuk diisi dengan minyak banyak. Isi panci dengan minyak namun jangan sampai penuh, jika terlampau penuh maka akan membahayakan pasalnya minyak kadang bercipratan keluar panci.

Panaskan minyak

Sebelum memasukkan bahan makanan, minyak harus sudah dalam keadaan panas. Manfaatkan termometer untuk mengecek suhunya. Suhu ideal untuk menggoreng adalah antara 190 hingga 225 derajat celsius. Untuk hasil gorengan yang maksimal, usahakan untuk menggoreng sedikit demi sedikit bahan makanan agar semua matang sempurna.

Pastikan makanan kering

Bahan makanan yang basah dan mengandung banyak air akan berpotensi menyebabkan percikkan minyak yang berbahaya. Oleh karena itu pastikan bahan makanan dalam keadaan kering. Anda bisa mengelapnya terlebih dulu dengan kertas tisu atau membalurnya menggunakan tepung kering. Masukkan bahan makanan menggunakan penjepit makanan agar tidak membahayakan tangan Anda.

Masak dengan cepat

Setelah bahan makanan masuk ke dalam minyak, proses memasak hanya membutuhkan waktu yang singkat. Potongan makanan yang kecil setidaknya hanya membutuhkan waktu memasak 30 detik.

Tiriskan dengan baik

Tiriskan makanan yang sudah matang. Gunakan kertas tisu agar minyak bisa terserap dengan cepat dan maksimal. Bagian makanan yang terlalu berlumur minyak akan mengurangi tingkat kerenyahan makanan.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close