Yuk, Intip Almamater Lima Presiden AS Ini!


Lia Cikita 2017-02-25 09:53:23 Pendidikan 196 kali

Barack Obama (Foto : Istimewa)

Virginia, Kabar28.com,  - Pemimpin Amerika Serikat (AS) selalu menjadi sorotan. Selain kecakapan dalam memimpin negara, latar belakang pendidikannya juga menjadi salah satu hal menarik untuk diketahui.

Dilansir dari USA Today, berikut ini riwayat pendidikan lima presiden AS yang pernah menjabat, dari mulai George HW Bush sampai Donald Trump.

1. George HW Bush

Bush remaja terdaftar dalam Phillips Academy Andover, sebuah sekolah berasrama terkemuka di Massachusetts. Pada usianya ke-18, dia bergabung dalam angkatan laut dan ikut berperang pada Perang Dunia kedua. Setelah keluar dari militer pada September 1945, Bush kemudian masuk Yale University jurusan ekonomi. Saat menjadi mahasiswa, dia dikenal sebagai mahasiswa yang aktif di berbagai kegiatan, termasuk sebagai pemain baseball. Presiden yang menjabat pada 1989 sampai 1993 ini kemudian lulus pada 1948 dan bekerja di industri minyak.

2. Bill Clinton

Clinton masuk kuliah pada 1964 di Georgetown University di Washington DC. Dia mengambil jurusan hubungan internasional. Clinton kemudian mendapatkan beasiswa Rhodes di Oxford University selama dua tahun. Meski begitu, dia tidak mendapatkan gelar dari Oxford lantaran harus kembali ke AS ketika ada peringatan perang Vietnam. Sebagai gantinya, pada 1973 Clinton yang menjadi presiden sejak 1993 hingga 2001 itu lanjut kuliah di Yale Law School, dan berhasil meraih gelarnya.

3. George W Bush

Sama seperti sang ayah, Bush memilih sekolah di Phillips Academy Andover. Namun, setelah itu dia melanjutkan kuliah di Yale University. Di sana, Bush memilih jurusan sejarah dengan konsentrasi pada studi Amerika dan Eropa. Selama kuliah, Bush membantu ayahnya berkampanye. Lulus pada 1968, dia lalu bekerja di National Guard kemudian lanjut kuliah master di Harvard University.

4. Barack Obama

Sebenarnya Obama bukanlah siswa terbaik ketika sekolah di Punahou, Hawai. Lalu, dia melanjutkan pendidikan tingginya di Occidental College di Los Angeles, tetapi hanya bertahan hingga tahun kedua. Obama lantas melanjutkan kuliahnya di Columbia University di New York sampai akhirnya lulus dari jurusan politik dan hubungan internasional pada 1983. Lima tahun kemudian, yakni 1988 Obama masuk Harvard Law School. Di sinilah, dia berhasil lulus dengan predikat cumlaude.

5. Donald Trump

Trump menghabiskan masa SMA-nya di New York Academy di Cornwall. Setelah lulus, dia kuliah di Fordham University selama dua tahun. Mulai Agustus 1964, Trump lalu melakukan transfer di Wharton School University of Pennsylvania. Presiden ke-45 ini lalu lulus pada 1968 dengan memperoleh gelar ekonomi.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close